Empat Wilayah Indonesia Favorit Turis Dunia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 05 November 2014 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 04 406 1061011 empat-wilayah-indonesia-favorit-turis-dunia-GwfCb29lsx.jpg Batam, wilayah Indonesia favorit turis dunia (Foto: Google)

INDONESIA kerap menjadi incaran para turis asing untuk berlibur, dari semua wilayah di Indonesia terdapat empat wilayah menjadi favorit dunia untuk disambangi. Apa sajakah itu?

Tercatat dari Januari Hingga September 2014 sebanyak 6,9 juta wisatawan mancanegara (wisman) menyukai Bali menjadi salah satu destinasi favorit wisman, selain Lombok dan Batam.

Data Pusdatin dan BPS mencatat terdapat empat pintu masuk utama yang mengalami pertumbuhan tinggi kunjungan wisatawan. Empat wilayah tersebut adalah Lombok NTB sebesar 70,59 persen, Minangkabau Sumatera Barat 24,58 persen, Ngurah Rai Bali 15,25 persen dan Batam Kepulauan Riau 4,50 persen.

Sementara itu, upaya meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia, Kementerian Pariwisata selalu memanfaatkan momen tertentu. Dalam sisa waktu tiga bulan, yakni Oktober, November, dan Desember saat terjadi lonjakan wisman, maka Kementerian Pariwisata akan melakukan promosi yang gencar, serta menggelar event year end festive untuk menarik lebih banyak lagi wisman dari pasar utama terdekat seperti Singapura, Malaysia, Tiongkok dan Australia.

Sebelumnya, sejak awal tahun 2014 Indonesia menyelenggarakan beberapa event bertaraf Internasional untuk meningkatkan kunjungan wisman seperti Takabonerate Island Expedition VI dan Makassar Asian Cup di Sulawesi Selatan, Bromo Marathon 2014 di Jawa Timur, BII Maybank Bali Marathon 2014, dan Festival Danau Toba di Sumatera Utara.

Selain itu, juga ada Conseil Internasional Du Sport Militaire (CISM), World Military Parachuting Championship 2014 di Jawa Tengah, Festival Adventure Indonesia 2014 di Nusa Tenggara Timur dan The 22nd Indonesia International Motor Show di Bali

Beberapa even musik bertaraf internasional juga turut meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Misalnya ASEAN Jazz Festival 2014 di Kepulauan Riau, konser boyband asal Korea Selatan dan konser Shane Filan, serta konser beberapa musisi asing dalam “The Color Independent Artist Festival” di Jakarta.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini