Upaya Pemkot Balikpapan Populerkan Kerajinan Lokal

Dwiyasista, Jurnalis · Jum'at 28 November 2014 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 28 406 1072069 upaya-pemkot-balikpapan-populerkan-kerajinan-lokal-CA0Q8a8Hcw.jpg Ilustrasi perajin pohon pinang (Foto: dok. Okezone)
PEMERINTAH Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, memberikan beragam bantuan untuk para perajin lokal. Ini demi mendukung dan mempopulerkan budaya setempat.
 
Hery Sudianto, salah seorang perwakilan dari Dinas Perdagangan, Perindustran, dan koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, mengatakan bahwa pihaknya tengah mengupayakan pengembangan kreativitas para perajin.
 
“Kami dari pemerintah wilayah Kalimantan, khususnya Kota Balikpapan, ingin sekali memajukan budaya setempat, khususnya bidang seni, ke ranah yang lebih luas. Sebab, kami ingin juga dikenal oleh wisatawan asing sebagai wilayah yang menarik, selain pulau Jawa dan Bali,” katanya kepada Okezone di Jakarta, baru-baru ini.
 
Dia menambahkan, Pemkot Balikpapan melakukan pengadaan alat, memberikan bantuan pendidikan, penyuluhan seputar pembuatan kerajinan tangan, hingga membantu mencarikan modal dan peminjaman kredit dari perbankan. Semua dilakukan sebagai upaya pemerintah setempat kepada para perajin lokal.
 
Meski demikian, Pemkot Balikpapan kerap merasa kesulitan untuk mendatangkan bahan baku pembuatan kerajinan. Menurutnya, ketiadaan distributor menjadi kendala terbesar dalam memajukan industri kerajinan di Kalimantan Timur.
 
“Kurangnya jumlah distributor cukup menghambat para perajin untuk mendapatkan bahan baku dan menjual hasil kerajinannya ke luar pulau. Namun, saya optimis, akan ada jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini,” tukas Hery.
 
Hery pun berharap upaya ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, juga oleh pelaku industri ini, termasuk Usaha Kecil Menengah (UKM). “Kalau dilakukan secara bersama-sama, pasti hasilnya akan baik,” tutupnya.

(ftr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini