Share

Seni Rancak Bius Taman Ismail Marzuki

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 17 Desember 2014 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 17 406 1080571 seni-rancak-bius-taman-ismail-marzuki-1KxRSfb29i.jpg Seni rancak bius Taman Ismail Marzuki(Foto: Helmi Saputra/Okezone)

SENI dan budaya Jakarta sangat kaya. Salah satunya pertunjukan Rancak di pembukaan Kaleidoskop Seni dan Budaya 2014.

Even yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki ini menampilkan kesenian dan budaya, khususnya Jakarta yang dilupakan. Salah satu pertunjukan yang menarik adalah Rancak.

Rancak merupakan jenis teater tutur Betawi berbasis berbalas pantun dan bercerita dengan diiringi musik gambang kromong. Di Kaleidoskop Seni dan Budaya 2014 ini juga dua orang mengenakan pakaian khas tradisional Betawi dengan mengenakan kopiah dan berkalung sarung saling berbalas pantun di atas panggung.

"Melalui Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta, saya berharap tumbuh upaya kreatif yang meningkatkan kualitas dan kuantitas aktivitas seni budaya di Jakarta, serta menjadikan kota Jakarta sebagai pusat budaya.” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa 16 Desember 2014.

Tidak hanya menyajikan pertunjukan Rancak, setelahnya ada tari Hiphop Betawi Sunda. Tarian ini mengeskplorasi tari kreasi baru yang mengombinasikan hip-hop dengan sejumlah tari tradisi Betawi dan Sunda seperti Tari Topeng, Cokek, Ronggeng, Ketuk Tilu, Blantek, dan Jaipongan.

Sementara itu, acara ini berlangsung selama lima hari, mulai 16 sampai 20 Desember 2014 di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Selama lima hari, masyarakat Jakarta disuguhkan aneka pertunjukan teater, tari, musik, serta pameran foto dan artefak.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini