Persembunyian Hitler Bakal Jadi Museum

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 12 Januari 2015 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 10 406 1090528 persembunyian-hitler-bakal-jadi-museum-RJzdeeOjpA.jpg Persembunyian Hitler bakal jadi museum (Foto: Englishrussia)

BUNKER merupakan tempat Adolf Hitler menikahi Eva Braun akan dijadikan Museum di Jerman sebagai tempat wisata.

Replika yang masih dalam tahap pembangunan ini direncanakan dibuka musim panas di Museum ‘Top Secret’ yang berada di Oberhausen, di Lembah Ruhr, Jerman.

“Kami hanya pada tahap perencanaan, yang mengerjakan adalah arsitek. Kami ingin menjadi pengalaman pendidikan sehingga keluarga atau kelompok anak-anak sekolah dapat melihat bagaimana hal itu terjadi. Untuk merasakan berada di kamar kecil dan bunker yang lembab. Kami melakukannya dengan hati-hati dan dengan sensitivitas,” terang Direktur Museum Top Secret, Ingo Mersmann kepada thelocal dikutip Dailymail.

Komplek bunker yang diciptakan memiliki ruangan layaknya ruangan Hitler, kantor sekretaris, ruang radio dan klinik yang ditempati oleh dokter pribadi Hitler, Dr Morrell. Rencana dasar  dimulai dengan pengadaan Arsip Federal bersama dengan gambar sejarah dan dokumentasi.

Namun, Mersmann mengatakan museum berhati-hati tidak menjadikan tempat ini sebagai tempat ziarah bagi penggemar Hitler.

“Kita tentu tidak ingin menciptakan tempat ziarah bagi orang sesat yang masih menganggap dia sebagai pahlawan. Kami berencana untuk melawan itu,” ucap Mersmann.

Bunker asli milik pemimpin Nazi itu telah diserbu pasukan Rusia tahun 1945, setelah Hitler pindah untuk menggunakannya sebagai pangkalan komando pasukan Jerman. Lalu kemudian diledakkan pada tahun 1947 dan sekarang menjadi tempat parkir mobil.

Sebelumnya, Museum Top Secret pernah menuai kontroversi saat mereka membangun kembali rumah tempat persembunyian Osama Bin Laden ketika pasukan Amerika menariknya keluar pada tahun 2011.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini