Ketahui Fakta-Fakta Ini Sebelum Wisata ke Jerman

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 16 Januari 2015 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 16 406 1093152 ketahui-fakta-fakta-ini-sebelum-wisata-ke-jerman-9NnI6lYDy7.jpg Ketahui fakta-fakta ini sebelum wisata ke Jerman (Foto: Galleryhip)

JERMAN merupakan salah satu negara tujuan wisata yang diminati wisatawan saat menginjakkan kaki di Benua Eropa. Perpaduan peninggalan bersejarah dan perkembangan teknologi menjadi daya tarik negara ini.

Namun, ada beberapa fakta yang harus Anda tahu tentang Jerman sebelum liburan di sana, seperti dikutip dari Thrillist, Jumat (16/1/2015).

Hari Minggu semua tutup

Kecuali gereja, tempat-tempat umum ditutup pada hari Minggu, tak terkecuali toko dan tempat wisata. Jadi jangan harap Anda dapat berbelanja atau pergi ke museum dan tempat wisata lain pada hari Minggu. Bahkan, melakukan pengeboran yang dilakukan pada hari Minggu dianggap ilegal.

Minum alkohol di tempat umum adalah legal

Meminum alkohol di tempat umum di Jerman tidak dianggap sebagai suatu hal yang tabu. Hukum mengenai hal itu sangatlah longgar. Bahkan, warga yang masih berusia 14 tahun sudah bisa minum bir atau wine.

Dalam bahasa Jerman, “terima kasih” berarti “tidak”

Ketika Anda menawarkan sesuatu kepada seseorang di Jerman dan dia mengatakan “Danke”, maka itu artinya “tidak, terima kasih”. Namun jika ia menjawab “Bitte”, berarti “iya”.

Jari tengah adalah ilegal

Di Jerman, menunjukkan jari tengah dengan gestur tubuh tertentu dianggap sebagai sesuatu yang ilegal. Bahkan, pengemudi lain dapat melaporkan plat mobil Anda jika mereka melihat Anda menunjukkan jari tengah dari dalam mobil. Setelah itu, Anda akan medapat surat dari polisi.

Oktoberfest tidak dimulai pada Oktober

Meskipun bernama Oktoberfest, festival ini tidak benar-benar dimulai pada bulan Oktober. Bahkan, jika Anda baru muncul pada bulan Oktober, Anda akan dianggap telat. Oktoberfest dimulai 16 hari sebelum hari Minggu pertama bulan Oktober, dengan perayaan pada 2 atau 3 Oktober.

Orang Jerman tidak menyanyikan seluruh bait lagu kebangsaanya

Selama era Nazi, hanya bait pertama yang dimulai dengan lirik yang artinya “Jerman, Jerman di atas segalanya” yang dinyanyikan. Tetapi kemudian lirik itu dilarang dinyanyikan setelah Perang Dunia II. Sejak saat itu pula, hanya stanza ketiga dari lagu kebangsaan yang boleh dinyanyikan.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini