Inilah Sungai Terindah di Dunia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 24 Februari 2015 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 24 406 1109798 inilah-sungai-terindah-di-dunia-K3RlDOPept.jpg Inilah sungai terindah di dunia (Foto: Dailymail)

SUNGAI Cano Cristales di Kolombia dianggap oleh banyak orang sebagai yang paling indah di dunia. Sungai ini bagai pelangi yang mencair.

Warna air Sungai Cano Cristales yang beragam memang sangat spektakuler. Aneka warna ini berasal dari tanaman air yang dikenal sebagai macarenia clavigera.

Selama waktu yang singkat antara musim hujan dan kemarau, yakni Juli-November, lumut, tanaman air, karang, tanaman merah melekat pada seluruh bebatuan di sungai sepanjang 100 km ini. Hal tersebut membantu menciptakan perpaduan warna di bawah permukaan air.

Warna hijau, biru, hitam, merah dan kuning pada permukaan air sungai semua sangat terlihat di antara musim hujan dan kemarau. Namun, penduduk setempat mengatakan, waktu terbaik untuk melihat keindahan sungai Cano Cristales adalah setelah badai karena warna terlihat sangat jelas.

Tetapi, selama setengah tahun, sungai nampak seperti pada sungai lainnya, yakni sebagai tempat tidur bebatuan yang menciptakan warna abu-abu berkilauan. Karenanya, banyak wisatawan berduyun-duyun datang hanya di antara musim kemarau dan hujan.

Sungai Cano Cristales tidak dapat diakses melalui jalan darat. Wisatawan harus menjalani penerbangan ke La Macarena kemudian menuju Taman Nasional Serrania. Dari sana, wisatawan kemudian dapat berjalan kaki atau menunggang kuda.

Selain itu, wisatawan juga akan dimanjakan keindahan pemandangan lain saat berkunjung ke taman nasional ini. Misalnya, ada juga air terjun Angostura I di Guayabero dan Sungai Cano Cafre yang dikelilingi ukuran batu.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini