Butuh Tiga Jam Menuju Tanjung Batu

Renny Sundayani, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2015 06:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 11 406 1117211 butuh-tiga-jam-menuju-tanjung-batu-6JFkVNNSyv.JPG Butuh tiga jam menuju Tanjung Batu (Foto: Renny/Okezone)

DERAWAN memang pulau eksotis yang membuat traveler tergiur melihat keindahan biota lautnya. Untuk menuju ke sana, traveler harus melalui jalur pesawat kecil dari Balikpapan menuju Bandara Kalimaru Berau.

Traveler bisa memilih pesawat kecil sesuai dengan bujet atau kocek untuk bisa menuju ke sana. Perjalanan ditempuh selama 45 menit menuju Bandara Kalimaru. Tapi yang membuat seru perjalanan adalah saat Anda melanjutkan ke kampung Tanjung Batu. Pasalnya, mata Anda akan dimanjakan dengan hutan lebat sepanjang perjalanan. Namun sayangnya akses jalan darat menuju Tanjung Batu rata-rata rusak dan menanjak.

Belum lagi yang miris saat melihat banyaknya pohon yang dibabat secara sporadis dan sebagian terbakar.

Perjalanan menuju Tanjung Batu memang cukup jauh. Kira-kira tiga jam Okezone menempuh ke lokasi tersebut.

Sesampainya di Tanjung Batu, traveler bisa beristirahat sejenak untuk menikmati makanan ciri khas kampung ini, salah satunya kepiting kenari saus kecap. Harganya pun sangat ramah di kantong.

Jika melihat kehidupan di Tanjung Batu, rata-rata masyarakat disini berbisnis kuliner atau menjual pakaian khas daerah. Dan satu lagi, Yang membuat mata tak bisa berkedip adalah suasana pantai yang indah apalagi melihat sunset Pulau Derawan yang tak ada duanya.

Pemuda di Tanjung Batu pun tergolong aktif. Setiap sorenya mereka rutin bermain sepak takraw dilapangan yang sudah disediakan. Bahkan komunitas pecinta penyanyi Iwan Fals pun ada disini. Terlebih itu, Komunitas ini juga peduli mengenai kelestarian pantai di Derawan. Mereka selalu sigap jika diminta bantuan untuk membersihkan sampah-sampah pulau.

Jika traveler minat untuk membeli oleh-oleh dan ternyata tak miliki uang tunai, tenang saja karena di daerah ini tersedia ATM yang berjajar.

Perjalanan menuju Pulau Derawan dapat dimulai dari Balikpapan. Kebetulan kami berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat komersial. Dari Kota Balikpapan, perjalanan dilanjutkan menuju Kabupaten Berau.

Akses perjalanan ini bisa dilakukan dengan pesawat dengan lama tempuh 45 menit, atau pun dengan jalan darat. Jika Anda suka dengan petualangan, mungkin jalan darat bisa dicoba.

Banyak agen travel di Kota Balikpapan yang menawarkan jasa perjalanan menuju Kabupaten Berau. Lama waktu yang ditempuh adalah 20 jam. Anda akan diajak menyusuri sepanjang provinsi Kalimantan Timur, mulai dari Samarinda, Bontang, Sangatta, hingga area hutan dengan jalan terjal dan penuh lubang.

Pohon-pohon besar yang tinggi menjulang dengan burung-burung indah yang berterbangan membuat kita lupa rasa lelah di dalam perjalanan. Sesekali terlihat pula rusa melintasi jalan.

Dari Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, perjalanan dilanjutkan dengan jalur darat menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Jika Anda memilih menggunakan jasa travel, siapkan saja ongkos lima puluh ribu per orang.

Dari Tanjung Batu, perjalanan dilanjutkan dengan menyewa boat. Biaya sewa adalah Rp 300 ribu per boat. Kebetulan kami datang berenam, kocek pun lebih irit. Perjalanan dari Tanjung Batu menuju Pulau Derawan sudah tampak indah.

Perjalanan 30 menit kami menikmati keindahan karang yang menjulang dari balik permukaan air. Air laut yang tenang membuat kami sesekali mencoba memasukkan tangan ke dalam air.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini