Labuan Cermin, Beningnya Air Danau Kalahkan Kaca

Renny Sundayani, Jurnalis · Senin 16 Maret 2015 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 16 406 1119383 labuan-cermin-beningnya-air-danau-kalahkan-kaca-Qmq5vtDOFK.jpg Labuan Cermin, Beningnya Air Danau kalahkan kaca (Foto: Heldatravel)

SELAIN keindahan pulau Derawan, apakah traveler pernah mendengar Labuan Cermin, Kalimantan Timur?

Jika belum pernah, traveler harus mencoba mengunjungi danau laksana kaca yang bening. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur.

Untuk menuju kesana, traveler bisa menempuh perjalanan darat dengan mobil sekitar enam jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Menurut Duta Wisata Balikpapan 2015 Jevon Samuel Putra, keunikan Labuan Cermin lantaran miliki dua jenis air dalam satu danau, yaitu air laut dan air tawar.

"Yang kami eksplor adalah Labuan Cermin, dimana airnya jernih seperti kaca. Memang belum banyak yang tahu. Makanya kami terus genjot promosi wisata kesana," ungkapnya kepada Okezone di Balikpapan, Kalimantan Timur, belum lama ini.

Menurutnya kedua jenis air yang ada di danau ini tidak tercampur. Demikian dengan ikan di danau tersebut.

"Jadi airnya dua meter tawar dan dua meter air asin. Demikian juga dengan spesies ikan-ikannya, jika di bagian air tawar ada ikan air tawar, sementara di air asin ada ikan laut," bebernya.

Di sekitar danau juga terdapat kawasan hutan lindung, dimana masih banyaknya pohon yang dilindungi oleh masyarakat setempat.

Untuk mencapai Berau sendiri ada beberapa cara seperti yang biasa dilakukan untuk mencapai Kepulauan Derawan. Memang biasanya wisatawan yang kesini biasanya terlebih dahulu mengunjungi surga bawah laut di Kepulauan Derawan.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini