Wah, Wamena Ada Air Garam

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2015 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 26 406 1124876 wah-wamena-ada-air-garam-xvx3f8COuq.jpg Wamena punya air garam (Foto: Swa)

JIKA ke Papua, tak perlu bingung mencari obyek wisata. Karena banyak potensi wisata belum banyak orang tahu.

Mengunjungi tempat wisata belum terlalu banyak didatangi orang menciptakan suasana lebih sunyi dan nyaman. Apalagi Wamena memiliki potensi wisata air garam yang ada di Lembah Baliem.

Sumber air garam ini berada di ketinggian 480 meter di atas permukaan air laut dan berlokasi di Distrik Asotipo, Kecamatan Kurulu, Kabupaten Jayawijaya.

“Kami punya potensi wisata air garam, airnya asin. Di ketinggian yang seperti itu biasanya sulit kita temukan air asin. Tapi di sana ada,” terang Alpius Wetipo selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya kepada Okezone di Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2015).

Menurut Alpius, dahulu masyarakat setempat sering menggunakan sumber air garam ini untuk keperluan sehari-hari. Sumber air garam ini juga bisa digunakan untuk menciptakan rasa asin pada masakan.

“Dulu orang kalau tidak ada air, mereka pakai air itu. Air itu bisa juga untuk membuat garam,” katanya.

Wisata air garam ini juga menjadi daya tarik untuk wisatawan asing yang datang ke Wamena. Selain wisata air garam, di Lembah Baliem ini juga terdapat sebuah goa yang cukup dalam dengan panjang 5 hingga 10 kilometer. Jadi mulai saat ini tidak perlu bingung mencari-cari tempat wisata di Papua, khususnya Wamena.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini