Mengintip Keindahan Keraton Solo

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Rabu 22 April 2015 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 22 406 1138531 mengintip-keindahan-keraton-solo-O0XQP7cJRQ.jpg Mengintip keindahan keraton Solo (Foto: Tentangsolo)

OKEZONE.COM, SOLO – Kalah pamor dibanding Yogyakarta, pariwisata Solo tidak kalah unik, sehingga sayang dilewatkan. Pelancong harus mengunjungi Keraton.

Menyambangi Solo, berarti kita akan masuk ke kawasan wisata sejarah dan budaya. Salah satu wisata budaya yang unik dari Solo adalah kota ini mempunyai dua keraton. Solo merupakan salah satu dari sedikit kota di Indonesia yang memiliki dua keraton, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Mangkunegaran Surakarta yang terpisah jarak hanya sekira 11 km.

Konstruksi bangunan Keraton Kasunanan Surakarta menggunakan bahan kayu jati yang diperoleh dari Alas Kethu di dekat kota Wonogiri. Sementara itu, bangunan Keraton Kasunanan Surakarta terdiri dari Pagelaran, Siti Hinggil, Kori Brojowolo, Kori Kamandungan, Kori Sri Manganti, dan Panggung Sangga Buwana.

Selain itu, menyambangi Keraton Kasunanan Surakarta pelancong juga dapat menjumpai sebuah museum yang menyimpan barang-barang peninggalan keraton dan fragmen candi di Jawa Tengah. Di sini, pelancong dapat melihat alat memasak abdi dalem seperti dandang, mangkuk serta beberapa peralatan memasak dari gerabah sampai senjata-senjata kuno yang digunakan keluarga kerajaan.

Koleksi menarik lainnya di Keraton Kasunanan Surakarta adalah kereta kencana, topi kebesaran Paku Buwana VI, serta Paku Buwana X. Selain itu, di samping museum terdapat Sasana Sewaka yang halamannya diselimuti hamparan pasir dari Gunung Merapi dan Pantai Parangkusumo.

Sementara itu, bangunan Keraton Mangkunegaran Surakarta mengadopsi gaya Eropa. Oleh karenanya, Bangunan Jawa yang tanpa serambi ini dipadukan dengan elemen Eropa secara visual dan fungsional menghadirkan keindahan dan kegunaan terwariskan secara tradisi ke generasi berikutnya.

Dari visualisasi bangunan, Keraton Mangkunegaran Surakarta mengambil corak Eropa Empire Style dalam perpaduan Jawa yang menghadirkan kemaharajaan dengan keagungan dan kewibawaannya. Perpaduan ini menjadi pemandangan yang menarik bagi wisatawan.

Sementara itu, meskipun kedua keraton sudah tidak menjalankan pemerintahan seperti dahulu, tetap masih terdapat sultan dan abdi dalem di dalam istana. Selain itu, kedua keraton juga masih sering menggelar banyak ritual dan upacara adat, demikian rilis yang diterima Okezone dari Traveloka, Rabu (22/4/2015).

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini