Balikpapan Dinobatkan Jadi Kota Paling Dicintai Sedunia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 11 Mei 2015 14:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 11 406 1147912 balikpapan-dinobatkan-jadi-kota-paling-dicintai-sedunia-l2IbMpAnqz.jpg Balikpapan dinobatkan jadi kota paling dicintai sedunia (Foto: Skyscrapercity)

BALIKPAPAN mendapatkan penghargaan dari program WWF Earth Hour City Challenge 2015. Kota di Kalimantan Timur ini dinobatkan sebagai The Most Lovable Sustainable City for 2015 atau kota paling dicintai di dunia.

Penghargaan ini didapatkan dalam kampanye We Love Cities di WWF Earth Hour City Challenge 2015 yang digelar di Seoul, Korea Selatan pada hari Kamis 7 Mei 2015. Walikota Balikpapan Rizal Effendi, menerima langsung penghargaan tersebut dari Co-Chairman WWF, Jean Paul Paddack.

Balikpapan mengalahkan 44 kota kota dari seluruh dunia yang bersaing dalam ajang tersebut. Sedangkan dari dalam negeri, Balikpapan bersaing dengan Kota Semarang dan Jakarta.

Balikpapan berhasil dinobatkan sebagai kota paling dicintai di dunia setelah unggul dalam empat aspek tematik yang menjadi penilaian dalam ajang ini. Keempat aspek tersebut adalah dalam bidang energi, limbah, transportasi, dan green building.

Puteri Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2015 Maya Elvira menyambut baik penghargaan ini. Maya pun menuturkan harapannya agar penganugerahan ini bisa dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Balikpapan. Ia juga berharap masyarakat Balikpapan dapat menjadi bagian dari pengembangan pariwisata di daerahnya.

“Bagi saya, ini merupakan peluang bagi kita untuk menarik lebih banyak wisatawan. Tetapi masyarakat Balikpapan harus memberikan kesan yang baik kepada para wisatawan agar mereka kembali lagi di masa yang akan datang,” tutur Maya dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Senin (11/5/2015).

Hal senada juga dituturkan oleh Putera Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2015 Jevon Samuel. Jevon menuturkan pentingnya peran serta masyarakat untuk mengoptimalkan promosi berbagai potensi wisata.

“Kemenangan Balikpapan sebagai kota paling dicintai seharusnya menjadi langkah yang awal untuk menciptakan rasa cinta dari masyarakat terhadap Kota Balikpapan,” tutupnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini