Lima Tempat Wisata Menarik di Balikpapan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2015 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 12 406 1148801 lima-tempat-wisata-menarik-di-balikpapan-8kTkTqmeX7.jpg Lima tempat wisata menarik di Balikpapan (Foto: Wisataindonesia)

BARU saja dinobatkan sebagai kota paling dicintai di dunia dalam WWF Earth Hour City Challenge 2015, rupanya Balikpapan menyimpan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Traveler yang pernah tinggal di Balikpapan selama tiga tahun, Rahne Putri pun merekomendasikan sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi. Berikut lima wisata menarik di Balikpapan yang wajib Anda kunjungi.

Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai merupakan wisata alam hutan hujan tropis yang terletak di Kecamatan Samboja, sekira 58 kilometer dari kota Balikpapan. Di Bukit Bangkirai, Anda bisa menikmati pemandangan dan udara yang sejuk serta mendengarkan suara satwa hutan di kawasan seluas 1.500 hektar ini. Bukit Bangkirai menyimpan beberapa jenis anggrek, termasuk anggrek hitam yang menjadi ciri khas Kalimantan Timur. Jika pergi ke Bukit Bangkirai, Anda tak boleh melewatkan jembatan tajuk gantung yang berada di ketinggian 30 meter yang menghubungkan 5 pohon bangkirai. Meski membutuhkan nyali yang besar, ini adalah pengalaman langka yang bisa Anda rasakan di Kalimantan Timur.

Pantai Melawai

Jika Anda ingin menyaksikan sunset dari titik yang tepat di Balikpapan, pergilah ke Pantai Melawai. Pantai ini terletak di antara Pelabuhan Semayang dan pantai Banua Patra dan menjadi tujuan wisata favorit di kota Balikpapan. Anda bisa menikmati suasana yang hening dan nyaman pada sore hari sambil menikmati makanan ringan yang mudah di dapatkan di sekitar pantai ini.

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru menjadi salah satu wisata favorit di Balikpapan. Lokasinya yang bisa ditempuh dalam waktu 30 dari pusat kota menjadikannya tak sulit dikunjungi. Garis Pantai Lamaru yang cukup panjang sekira dua kilometer dan pasirnya yang berwarna putih kecoklatan membuat pantai ini cocok untuk liburan keluarga. Tidak hanya bisa menikmati suasana pantai, Anda juga bisa mencoba beberapa wahana permainan seperti banana boat, menunggang kuda, hingga flying fox.

Pantai Kemala

Berada di jantung kota, keberadaan Pantai Kemala menawarkan suasana yang nyaman untuk melarikan diri selepas beraktivitas. Pantai ini memiliki pasir putih yang terasa lembut di kaki, warna air yang jernih dan pepohonan kelapa melambai yang bisa membuat perasaan menjadi nyaman. Jika Anda ingin merasakan sedikit nuansa Bali, Anda bisa mengunjungi pantai ini. Letaknya yang berada di dekat jalan raya membuatnya mudah sekali dijangkau.

Penangkaran buaya teritip

Penangkaran buaya yang terletak di Jl Mulawarman ini cukup terkenal di Kalimantan Timur. Penangkaran ini adalah rumah bagi lebih dari 1.450 buaya yang terdiri dari tiga jenis, yakni buaya muara, buaya air tawar, dan buaya supit. Kedua jenis buaya terakhir merupakan buaya langka dan terancam punah. Jika ingin mencoba pengalaman yang menarik, Anda bisa menikmati sate buaya di kawasan ini.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini