Keliling Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2015 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 17 406 1150953 keliling-taman-wisata-alam-mangrove-pantai-indah-kapuk-pQQswT06yO.jpg Keliling Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk (Foto: Helmi/Okezone)

JAKARTA - Mengunjungi Pantai Indah Kapuk (PIK), tak ada salahnya rekreasi ke Tawan Wisata Alam Angke Mangrove. Di sini, kita bisa berkeliling sambil menikmati keindahan alam yang masih alami.

Untuk masuk kawasan Taman Wisata Alam Angke Mangrove PIK, orang dewasa dikenakan biaya Rp25.000 per-orang, sedangkan anak-anak Rp10.000. Selain itu, jika mengendarai mobil, Anda harus membayar Rp10.000, sedangkan motor cukup mengeluarkan biaya Rp5.000.

Memasuki kawasan Taman Wisata Alam Angke Mangrove, kita langsung disambut pepohonan rindang di samping kiri dan kanan jalan blok batu. Sepantauan Okezone, baru berjalan sekira 100 meter di jalan utama, kita langsung menjumpai kantin di sebelah kiri pandangan, di mana sebagian besar orang bersantai setelah berkeliling. Selain itu, berdiri juga toilet berbentu rumah panggung memanjang yang unik.

Sedangkan, tepat di depan kantin, terdapat pondok wisata alam, di mana ada rumah besar unik dari kayu dan sebuah taman. Banyak orang berfoto-foto di taman tersebut, karena bunga-bunga bermekaran jadi latar yang sangat indah.

Lanjut berjalan, di sebelah kiri kita bisa melihat pondok-pondok kemah yang sangat unik. Rumah berbentuk segetiga seperti bagunan kemah ini terbuat dari kayu cokelat dan berjejer. karena bentuknya yang unik, banyak pengunjung berfoto-foto di depan pondok-pondok kemah tersebut.

Di antara pondok perkemahan tersebut, terdapat sebuah jalan dari kayu yang bisa ditelusuri pengunjung yang disebut kawasan pengamatan burung. Berjalan menelusurinya, kita dikelilingi pepohonan bakau, mendengar kicau-kicau burung yang bersembunyi dilebatnya pohon bakau dan pondok-pondok perkemahan sampai tiba di hamparan perairan hutan mangrove yang indah.

Di sini, kita bisa puas berfoto-foto dengan pemandangan perairan hutan mangrove yang masih sangat hijau dan pondok perkemahan unik. Selain itu, kita juga bisa melihat mangrove-mangrove yang baru ditanam di perairan.

Setelah puas menikmati pemandangan di sini, kita bisa kembali ke jalan utama untuk melanjutkan perjalanan. Setelah kembali berjalan di jalan utama, tak lama kita akan sampai di kawasan wisata air.

Di kawasan wisata air ini, pengujung bisa menelusuri hutan bakau dengan naik boat berkapasitas delapan orang. Untuk naik boat, kita dikenakan biaya Rp400 ribu. Sedangkan, untuk boat berkapasitas enam orang, pengunjung harus membayar Rp300 ribu.

Jika ingin lebih hemat, pengunjung bisa menyewa perahu dayung atau kayak berkapasitas empat orang. Pengunjung cukup mengeluarkan kocek Rp100 ribu. Pengunjung akan diajak berkeliling hutan mangrove kurang lebih selama 30 menit.

Setelah puas berkeliling di kawasan wisata air, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan tujuan utama kawasan pantai. Sebagian besar pengunjung memang penasaran ingin melihat kawasan pantai Taman Wisata Alam Angke Mangrove ini.

Terus berjalan kaki menuju arah pantai, kita dihadapkan sebuah jembatan bambu yang harus dilalui. Meskipun disediakan pegangan, kita harus tetap berhati-hati saat melintas jembatan yang jaraknya 50 meter dari pantai.

Dari atas jembatan, pemandangan sekeliling sangat indah dengan hamparan mangrove yang hijau. Banyak pengunjung yang berfoto-foto, namun berhati-hati karena terdapat tulisan 'Maksimal berfoto di jembatan 4 orang'.

Setelah melewati jembatan, kita melanjutkan perjalanan ke arah pantai. Jalanan menuju pantai ini terbuat dari bambu dan kaku dengan samping kiri-kanan pohon-pohon mangrove.

Setelah berjalan sekira 50 meter, tibalah kita di pantai. Terdapat, sebuah gazebo cukup besar untuk pengunjung beristirahat setelah lelah berjalan kaki. Namun, sayangnya pemandangan pantai tidak seperti biasanya, karena terlihat sedang ada pembangunan. Sehingga, selain hamparan air laut, alat-alat berat dan gundukan tanah menghiasi pantai.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini