Menikmati Keindahan Hutan Keramat Alas Purwo

Grivy.com, Jurnalis · Jum'at 07 Agustus 2015 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 07 406 1192230 menikmati-keindahan-hutan-keramat-alam-purwo-IXlj1dqXJN.jpg Suasana Hutan Keramat Alas Purwo (Foto: Telusur Indonesia)

JIKA Anda termasuk tipe traveller yang senang bermain dan mampir ke sebuah taman nasional, saat berkunjung ke Jawa Timur, selain bisa mampir ke Taman Nasional Meru Betiri, Anda juga bisa mampir ke sebuah taman nasional yang berada di Kota Banyuwangi.

Memiliki luas 434 hektar, Taman Nasional Alas Purwo yang sering disebut sebagai Hutan Keramat, bisa menjadi pilihan tempat wisata untuk Anda. Berani ke sini?

Meskipun dikenal keramat, Taman Nasional Alas Purwo menyimpan keindahan yang luar biasa. Dengan ekosistem yang begitu beragam, di sini, Anda bisa menjumpai berbagai tipe hutan. Ada hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau atau mangrove, hutan tanaman, dan hutan alam. Hutan bambu mendominasi areal ini dengan jumlah 40 persen dari total area yang ada. Tidak hanya memiliki berbagai jenis hutan, Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki padang penggembalaan atau feeding ground.

Dengan beragam ekosistem yang ada, Taman Nasional Alas Purwo memiliki flora dan fauna yang begitu kaya. Di sini, Anda bisa menjumpai berbagai jenis mamalia, seperti banteng, lutung, babi hutan, rusa, dan kijang. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai jenis Herpetofauna atau amfibi dan reptil, seperti penyu lekang, biawak air asia, ular pucuk, ular pohon paradise, katak pohon bergaris, dan katak percil jawa. Anda pun bisa melihat berbagai jenis unggas, seperti ayam hutan hijau, elang laut perut putih, elang ular bido, dara laut jambul, dan merak hijau yang cantik. Sangat menarik, bukan?

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini