Merah Putih Berkibar di Lautan Tanjung Lesung

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2015 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 17 406 1197745 merah-putih-berkibar-di-lautan-tanjung-lesung-H2AgslZLwP.jpg Merah putih berkibar di Lautan Tanjung Lesung (Foto: Pelitaonline)

PARIWISATA Indonesia punya banyak cara mendatangkan turis asing maupun turis lokal, salah satunya Tanjung Lesung yang mengibarkan merah putih di dalam lautan.

Demi menarik turis asing dan lokal, Tanjung Lesung mengadakan pengibaran bendera merah putih di dalam laut dengan kedalaman enam hingga delapan meter dari jarak pantai sekira 800 meter.

"Kami mengadakan pengibaran bendera merah putih di dasar laut selain ingin merayakan hari kemerdekaan, ini juga menjadi cara Tanjung Lesung menarik turis untuk datang," ucap Hanrina Isneningsih, PT. Banten West Java Tourism Development - Pengelola Kawasan Tanjung Lesung kepada Okezone.

Hanrina juga mengatakan, pihaknya selalu menggelar acara serupa tiap tahunnya. Namun untuk tahun ini upacara dilangsungkan dalam skala yang lebih besar.

"Untuk tahun ini kita memang membuat berbeda, bekerja sama dengan marinir. Akhirnya kita berkolaborasi membuat upacara bawah laut," ujar Hanrina.

Pengibaran bendera merah putih di dasar laut, pihak Tanjung Lesung berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut.

Ada hal menarik dalam upacara pengibaran bendera merah putih di Tanjung Lesung, dimana salah satu prajurit TNI Angkatan Laut membawa teks proklamasi dengan cara tangan dan kaki diikat yang diserahkan kepada inspektur upacara.

"Kaki dan tangan diikat disimbolkan dengan kegigihan prajurit Indonesia dalam mengamankan Indonesia, apalagi dalam memperjuangkan Indonesia bukan hal mudah dan spirit itulah yang harus dijaga dengan baik," papar Letnan Kolonel Gumelar.

Upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut mendapat respon positif dari turis asing yang datang ke Tanjung Lesung.

"Upacara yang dilakukan dengan cara mengibarkan bendera di bawah laut merupakan sesuatu yang menarik, bahkan kami yang bukan warga Indonesia saja cukup kagum dengan upacara tersebut," beber Reidjgen, turis asal Belanda kepada Okezone.

Hal serupa diutarakan oleh Rani, warga Bandung yang mengaku dengan hadirnya upacara bendera merah putih di dalam laut menjadi hal baru baginya.

"Selama ini kita melihat upacara bendera merah putih dilakukan di daratan, ternyata di dalam laut bisa dilakukan. Ini sungguh luar biasa," tuturnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini