Ikan Pari Manta Primadona Sangalaki

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2015 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 18 406 1198028 ikan-pari-manta-primadona-sangalaki-6fJL9jgmVv.jpg Ikan pari manta primadona Sangalaki (Foto: Paradiso)

PERAIRAN di Pulau Sangalaki, Berau, Kalimantan Timur masuk dive spot populer di Indonesia. Salah satu primadonanya ikan pari manta.

Banyak dive spot di dunia yang mengklaim ikan pari manta sebagai daya tarik wisata selam mereka. Tetapi, kenyataannya tidak banyak penyelam yang berjumpa dengan ikan pari manta di tempat-tempat tersebut.

Berbeda dengan di perairan sekitar Pulau Sangalaki. Hampir sepanjang tahun penyelam bisa melihat ikan pari manta bermain-main di perairan Sangalaki.

Hal ini karena di sekitar perairan Pulau Sangalaki terdapat banyak cleaning station atau tempat di mana segerombolan ikan pari manta membersihkan tubuh mereka.

Selain itu, ikan pari manta biasanya bisa ditemui dalam jumlah banyak di tempat penyelaman bagian timur pantai, yaitu Manta Avenue, Manta Parade, dan Manta Run.

Biasanya, penyelam akan menjumpai makhluk anggun ini di dekat permukaan dengan insangnya yang terbuka lebar sedang memakan plankton.

Meski menjadi daya tarik wisata selam, ikan pari merupakan spesies yang dilindungi. Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan NOMOR 4/KEPMEN-KP/2014 tentang Penetapan Status Perlindungan Penuh Ikan Pari Manta.

Selain itu, berdasarkan hasil CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) pada tahun 2013 di Bangkok, dua jenis pari manta, yaitu manta birostris dan manta pangeran Alfred termasuk spesies yang dilindungi. Demikian dikutip Divetheworld, Selasa (18/8/2015).

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini