Lima Spot Diving Terindah di Sangalaki

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 18 406 1198444 lima-spot-diving-terindah-di-sangalaki-71LhlJdrMt.jpg Lima spot diving terindah di Sangalaki (Foto: Alpha-divers)

PULAU Sangalaki di Kalimantan Timur dikenal mempunyai sejumlah tempat menyelam yang indah.

Bahkan, tempat-tempat menyelam tersebut menjadi incaran penyelam mancanegara. Berikut tempat menyelam terpopuler di Sangalaki, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dikutip Divetheworld, Rabu (19/8/2015).

Lighthouse Reef

Lighthouse Reef adalah tempat menyelam yang berada di bagian timur Pulau Sangalaki. Di tempat menyelam ini, penyelam bisa menjumpai dua bangkai kapal kecil.

Di sini, penyelam bisa melihat kehidupan dari ikan gobi, anemonefish dan clownfish, jawfish, dan kerapu yang mengintai di bawah bangkai kapal.

Selain itu, tempat menyelam ini juga dianurahi oleh keindahan anemon laut yang luar biasa. Jika mempunyai penglihatan tajam, penyelam bisa melihat kuda laut kerdil yang sedang bermain-main di antara anemon-anemon laut.

Manta Parade

Manta Parade merupakan tempat menyelam yang akan mengantarkan penyelam untuk melihat ikan pari manta.

Di Dive spot bagian utara Pulau Sangalaki ini, penyelam bisa melihat ikan pari manta mendekati permukaan untuk memakan plankton yang sangat banyak di perairan ini.

Jika tidak sedang di permukaan, ikan pari manta biasanya berada di cleaning station atau tempat di mana segerombolan ikan pari manta membersihkan tubuh mereka.

Manta Avenue

Tentu penyelam dapat bertemu dengan ikan pari manta di tempat menyelam ini. Namun, selain ikan pari manta, penyelam juga bisa melihat ikan gobi, teripang alabaster dan bintang bulu.

Selain itu, penyelam juga bisa menikmati keindahan anemon-anemon laut yang di sekitarnya terdapat keanekaragaman biota laut.

Misalnya, penyelam bisa melihat clownfish, cacing datar, cacing kipas, bintang laut, bintang bantal dan sejumlah ikan karang seperti ikan kodok, crocodilefish, parrotfish, angelfish, triggerfish, lionfish, dan stonefish. 

Manta Run

Banyak keanekaragaman biota laut yang bisa dijumpai penyelam di dive spot Manta Run selain ikan pari manta. Di sini, penyelam bisa menikmati pemandangan karang lunak, bintang bulu dan spon barel.

Di antara celah-celah karang penyelam bisa melihat ikan daun dan ikan katak yang sedang mencari makan.

Penyu Town

 Penyu hijau adalah daya tarik utama di tempat menyelam ini. Di sini, penyelam bisa melihat penyu sedang mencari makan, beristirahat, bahkan kawin. Hewan bertempurung ini senang bermain di tempat menyelam Penyu Town karena banyak pegunungan berbatu, di mana menjadi lokasi ideal mereka makan dan beristirahat.
 
Selain penyu, masih ada kehidupan laut lain yang bisa dilihat penyelam di Penyu Town, misalnya kepiting, gurita, dan cumi-cumi raksasa.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini