Hutan Kota, Wisata Murah di Bekasi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2015 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 406 1205429 hutan-kota-wisata-murah-di-bekasi-DlXcOh5OR2.jpg Hutan Kota, wisata murah di Bekasi (Foto: Utami Riyani/Okezone)

KOTA Bekasi kerap identik dengan cuaca panas. Padahal, Bekasi memiliki hutan kota yang siap menetralisir udara.

Di tengah panasnya kota Bekasi, keberadaan hutan kota seluas dua hektar seolah menjadi penyejuk. Meski tak banyak warga luar kota yang tahu, namun hutan kota ini menjadi salah satu lokasi favorit warga Bekasi untuk menikmati udara segar.

Berada di kawasan alun-alun Bekasi, hutan kota tak pernah kosong dari pengunjung. Suasana tenang dan nuansa hijau yang menyergap terasa membawa tubuh ke lingkungan yang sangat dinantikan di perkotaan.

Di dalam areal hutan kota, terdapat ratusan tanaman yang terdiri dari setidaknya 54 jenis pohon. Dari pohon-pohon berbatang besar dan tinggi seperti pohon palem raja, dadap merah, jati hingga tanaman buah-buahan seperti mangga, durian, nangka, alpukat dan sebagainya.

Hutan kota Bekasi diresmikan Walikota Bekasi, Rahmat Effendi pada 1 Desember 2012. Di dalam hutan kota juga terdapat penangkaran burung merpati dan kutilang.

Hutan ini menjadi paru-paru Kota Bekasi yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat luas. Di sini, Anda juga bisa membawa anak-anak. Karena selain udaranya bersih, tersedia taman bermain dengan beberapa arena permainan anak-anak.

Selain berfungsi sebagai paru-paru kota, hutan kota Bekasi juga kerap digunakan sebagai salah satu lokasi foto pre-wedding. Karena ada beberapa terowongan hijau yang dihiasi tanaman bunga yang rapi dan menarik untuk difoto.

Hutan kota dibuka setiap hari. Dari hari Minggu hingga Kamis, hutan kota dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Namun pada hari Jumat dan Sabtu, hutan kota dibuka lebih lama, yaitu dari pukul 06.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Jika ingin menuju hutan kota, Anda bisa menggunakan beberapa transportasi umum di Bekasi. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Stasiun Bekasi. Cukup berjalan kaki sekira tiga menit dari stasiun, Anda bisa langsung menghirup bersihnya udara hutan kota.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini