Naik Gunung Pakai Sandal, Itu Cara yang Salah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 01 September 2015 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 31 406 1205843 naik-gunung-pakai-sandal-itu-cara-yang-salah-BTVUBl2dua.jpg Naik gunung pakai sandal, itu cara yang salah (Foto: Exploringmacedonia)

BANYAK hal tak terduga ternyata membahayakan pendaki gunung. Salah satunya memakai sandal untuk naik gunung.

Mendaki gunung dengan memakai sandal jepit memang bisa membahayakan pendaki. Karena, bagaimana pun pendaki tidak mengetahui secara pasti medan jalur pendakian.

Misalnya seperti jalur pendakian yang licin atau tajamnya ranting-ranting pohon bisa melukai kaki pendaki. Karena itu, salah satu traveller Indonesia, Riyanni Djangkaru menyarankan untuk tidak memakai sandal jepit ketika mendaki.

"Safety juga harus diperhatikan, jangan pakai sandal naik gunung, ada sepatu kan. Sekarang banyak sepatu gunung yang murah, jika ada yang naik gunung pakai sandal itu aturan yang salah," ujarnya saat berkunjung ke redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Mantan Host acara Jejak Petualang di sebuah stasiun televisi swasta tersebut menyayangkan masih banyak pendaki yang memakai sandal jepit ketika mendaki. Padahal, menurutnya sepatu gunung merupakan salah satu bagian dari penunjang keselamatan.

"Banyak pendaki gunung yang masih pakai sandal jepit, kecuali memang penduduk lokal yang sudah tahu medan. Tetapi, kalau kita sebaiknya memakai sepatu gunung yang lebih safety," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini