Lepas Landas dari Bali, Turis Lahiran di Pesawat

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 23 Oktober 2015 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 23 406 1236611 lepas-landas-dari-bali-turis-lahiran-di-pesawat-GkgGK13RG5.jpg Lepas landas dari Bali, turis lahiran di pesawat (Foto: Shutterstock)

SEORANG wanita asal Taiwan melahirkan bayi perempuan di pesawat China Airline. Ia melahirkan dalam penerbangan dari Bali menuju Los Angeles, Amerika Serikat.

Wanita bernama Jian itu melahirkan setelah pesawat lepas landas sekira enam jam dari Bali dari waktu tempuh seharusnya 19 jam. Jian melahirkan dengan bantuan dr Angelica Zen dan beberapa awak pesawat pada 8 Oktober 2015 lalu.

Jian melahirkan bayi perempuan secara prematur pada ketinggian 30 ribu kaki. Ia melahirkan saat bayi masih baru berusia 36 minggu. Penumpang lainnya pun memberikan tepuk tangan ketika sang bayi telah lahir dengan selamat.

β€œItu sangat sulit sekali. Kami harus bekerja dalam keadaan yang sangat terbatas,” ujar dr Angelica Zen dikutip dari Dailymail.

Sekira 30 menit setelah persalinan selesai, pilot mendaratkan pesawatnya ke Bandara Anchorage di Alaska yang merupakan bandara terdekat. Jian disebut terbang tanpa sertifikat dari dokter yang mengizinkan ia terbang dalam kondisi kehamilannya.

Namun yang menjadi perhatian banyak pihak, Jian dikabarkan sempat menolak untuk berada dalam posisi berbaring untuk melahirkan. Ia juga bertanya apakah dirinya sudah berada di wilayah Amerika Serikat.

Hal ini menjadi perhatian karena ia disinyalir ke Amerika Serikat hanya untuk melahirkan bayinya di negeri Paman Sam itu. Akibatnya, ia dideportasi ke Taiwan tanpa sang bayi dan bisa didenda USD 30 ribu atau sekira Rp406 juta.

Saat ini, sang bayi telah mendapat kewarganegaraan Amerika Serikat dan tinggal di Alaska bersama keluarga dari teman Jian. Alasan lainnya adalah bayi perempuan tersebut masih terlalu muda untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini