Share

Kudus Manfaatkan Batik sebagai Wisata

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2015 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 10 27 406 1238639 kudus-manfaatkan-batik-sebagai-wisata-prdPXw6hzx.jpg Kudus manfaatkan batik sebagai wisata (Foto: Reachseasia)

BATIK tidak hanya berfungsi sebagai pakaian. Karena, Kudus memperkenalkan daya tarik wisata melalui batik.

Pada salah satu batik Kudus menampilkan Menara Kudus yang mempunyai nilai sejarah dan daya tarik wisata. Yuli Astuti selaku Pengrajin Batik Kudus menjelaskan kenapa terdapat motif tersebut dalam kain Batik Kudus.

"Dengan motif seperti itu, orang yang awam terhadap batik akan lebih cepat mengenali. Selain itu, corak Menara Kudus juga membuat orang lebih mengenal Kudus," ujarnya kepada Okezone di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (26/10/2015).

"Karena, Menara Kudus sudah menjadi ikon dan lebih dikenal masyarakat luas. Jadi, saya juga ingin memperkenalkan budaya lokal melalui batik," tambahnya.

Karena itu, menurut Yuli Astuti masyarakat tidak hanya sekedar membeli sehelai kain. Namun, terdapat nilai-nilai yang bisa dipetik masyarakat dengan membeli Batik Kudus.

"Jadi ketika membeli batik Kudus konsumen juga mendapat edukasi budaya. Karena, ketika membeli di galeri, terdapat penjelasan histori dari motif-motifnya," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini