Jateng Jadikan Event Budaya Dieng Agenda Tahunan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 01 November 2015 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 01 406 1241629 jateng-jadikan-event-budaya-dieng-agenda-tahunan-mRV1KPbwJi.jpg Dieng (Foto: Klikhotel)

BERBAGAI upaya promosi pariwisata dilakukan Jawa Tengah (Jateng). Salah satunya menjadikan event budaya di Dieng sebagai kalender tahunan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jateng, Budi Santoso mengatakan, upaya tersebut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Menurutnya, dataran tinggi Dieng mempunyai potensi besar sebagai daya tarik wisata di Jateng.

"Pemandangan negeri di atas awan itu luar biasa dan sudah mendunia. Kalau ada event tahunan di sana, saya pikir akan luar biasa," ujarnya kepada Okezone di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurutnya, sebuah event budaya tidak masalah dilakukan di kawasan dataran tinggi seperti Dieng. Terlebih, Budi Santoso mengatakan, kawasan wisata di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara tersebut mudah dicapai oleh wisatawan.

"Akses menuju dataran tinggi Dieng saya pikir sudah bagus, jadi tidak menjadi masalah," tambahnya.

Selama ini, setiap pertengahan tahun diadakan Dieng Culture Festival. Kegiatan dalam festival tersebut di antaranya prosesi pencukuran rambut gimbal.

Selain itu, Dieng Culture Festival diramaikan dengan berbagai rangkaian acara, seperti Jazz atas Awan, Penerbangan Lampion, Pameran Karya seni, Kuliner dan Produk seni lokal dan Festival Film. Event-event seperti inilah yang ingin dijadikan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai kalender tahunan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama dari mancanegara.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini