Share

Menpar Sambangi Warga China di Medan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 03 November 2015 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 03 406 1242660 menpar-sambangi-warga-china-di-medan-DGesQocRl1.jpg Menpar sambangi warga China di Medan (Foto: Johan Sompotan)

MENTERI Pariwisata Arief Yahya membuka Konvensi Internasional Shun Clan di Medan. Menpar pun menyapa keluarga besar Sun Clan.

Kegiatan tersebut digelar pada 31 Oktober 2015 di International Convention Center (MICC). Di depan sekira 2.000 warga keturunan Shun dan wisatawan dari Tiongkok itu, Menpar menggunakan bahasa Mandarin untuk salam pembuka.

“Ni Hau, selamat datang ke Indonesia, selamat datang ke Medan. Terima kasih, para pengurus Shun Clan, teristimewa Pak Tansri Candra dan Pak Sofyan Tan yang berhasil meyakinkan keluarga besar Shun Clan menempatkan konvensi international ini ke Medan,” ujar Arief Yahya kepada Okezone, Selasa (3/11/2015).

Untuk diketahui, Shun adalah turunan Kaisar ke-9 dan kakek moyang dari 10 Marga Tionghoa lainnya, yaitu Marga Yu, Yao, Chen (Tan), Hu, Tian, Sun, Yuan, Lu, Che, Wang. Keturunan Shun jumlahnya melebihi 200 juta orang dan tersebar di seluruh dunia. 

Banyak yang sudah berdomisili di Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Kamboja, Jepang dan Indonesia. Setiap tahunnya, keluarga besar Shun berkumpul seperti di Medan ini.

Bagi Menpar, MICE seperti ini merupakan pasar yang sangat bagus untuk dikembangkan. Terlebih, Indonesia sedang mengembangkan poros maritim dunia.

Selain itu, Indonesia juga mengikuti program jalur Silk Road dan menapak tilas jalur perjalanan Laksamana Cheng Ho. Mulai dari Aceh, Batam, Bangka-Belitung, Palembang, Jakarta, Cirebon, Semarang, Tuban, Suarabaya, sampai ke Bali.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini