Inilah Lokasi Evakuasi Mayat Tragedi Bintaro

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 13 November 2015 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 13 406 1248511 inilah-lokasi-evakuasi-mayat-tragedi-bintaro-Tm5VhLBQzM.jpg Inilah lokasi evakuasi mayat Tragedi Bintaro (Foto: Indocropcircles)

LOKASI Tragedi Bintaro 1987 telah berbeda. Dimana, banyak pemukiman warga yang dahulunya menjadi tempat evakuasi mayat Tragedi Bintaro. Benarkah?

Menyusuri sekitar pintu perlintasan Pondok Betung, Bintaro Permai III, kita tidak menyadari bila dahulunya pernah terjadi tabrakan kereta antara KA 225 dengan KA 220. Apalagi, kini telah banyak berdiri pemukiman warga yang hanya berjarak beberapa meter dari rel kereta api.

Namun, Yeyen, salah seorang warga Pondok Betung menggambarkan kondisi kawasan tempat tinggalnya yang berada hanya beberapa meter dari rel pada tahun 1987.

Menurutnya, rumah-rumah yang kini berdiri di samping tempat tinggalnya hanyalah sebuah tanah lapang kosong.

“Tetapi, ketika terjadi tabrakan kereta tahun 1987 itu, tanah kosong yang kini menjadi rumah-rumah warga ini adalah tempat evakuasi mayat-mayat,” ujarnya kepada Okezone di Pondok Betung, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Yeyen menceritakan, ketika itu dirinya bersama warga turut membantu mengevakuasi penumpang-penumpang yang bisa langsung diselamatkan. Namun, ada beberapa warga lain yang juga mengevakuasi jenazah penumpang sebelum pasukan dari Kodam Bintaro datang.

“Jadi, kita juga gotong jenazah-jenazahnya sementara ke tanah lapang ini (sambil menunjuk samping rumahnya). Ada juga yang mengangkut jenazah pakai gerobak, pokoknya kita berusaha semua,” tuturnya.

Meski begitu, Yeyen mengaku jarang mengalami kejadian-kejadian di luar akal sehat. Tanah lapang itu mulai dibangun menjadi pemukiman penduduk sekitar tahun 1990-an, termasuk rumah yang kini ditinggali oleh Yeyen.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini