Serunya Bermain sambil Belajar Beternak di D'Kandang

Marieska Harya Virdhani, Jurnalis · Jum'at 20 November 2015 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2015 11 20 406 1252887 serunya-bermain-sambil-belajar-beternak-di-d-kandang-JXCFSsAls2.jpg Ekowisata D'Kandang (Foto:Hananoyuri)

SATU lagi pilihan kawasan wisata ditawarkan kepada para orangtua yang memiliki putra–putri gemar beternak sambil belajar. D’Kandang di Jalan Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat, memiliki wahana unik dan seru, yakni sambil berwisata lingkungan dan belajar beternak.

Dengan luas lahan enam hektar, tempat wisata ini memiliki banyak wahana untuk dinikmati per kelompok ataupun keluarga. Di antaranya Urban Farming, belajar berbagai cara bercocok tanam, edukasi peternakan. Anak-anak berkesempatan langsung memberi makan ternak seperti ayam, kambing, dan sapi. Adapula wahana kreatif Kokedama yakni membuat tanaman tanpa pot.

Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail meresmikan wahana baru yakni Chikenology. Wahana tersebut mirip seperti labirin dibuat dengan interior seperti kandang ayam dengan lukisan pengetahuan seputar ayam. Adapula berbagai jenis ayam dan telur di dalamnya diantaranya ayam kampung dan ayam kapas asal China.

“Ini merupakan ekowisata dan eduwisata sekaligus, tekad dari pemilik kembangkan konservasi jenis hewan species, tanaman, edukasi dan wisata. Chikenology upaya memberikan informasi ilmu pengetahuan tentang ayam, ayam liar dan domestifikasi, ayam hias, ayam pedaging dan petelur. Perkembangan data ilmiah mana duluan ayam dan telur, ada jawabannya disini,” kata Nur Mahmudi, Jumat, (20/11/2015).

Ia menambahkan, pemerintah kota berupaya mempermudah perizinan setiap kawasan ekowisata untuk memberikan wadah bagi anak–anak bermain dan belajar. Manfaatnya, anak–anak dapat mengenal flora dan fauna serta informasi seputar hewan ternak.

“Kami dukung sepenuhnya, seperti ini menghasilkan susu dari sapi perahnya. Produk yoghurt melibatkan ibu-ibu setempat dalam proses pengolahan. Menciptakan pertumbuhan ekonomi. Pelajar juga akan bisa berimajinasi,” jelasnya..

Pemilik D’Kandang, Creatna Ella Yustisia menjelaskan, dari enam hektar lahan, baru 3,5 hektar yang dikembangkan, sisanya masih dalam tahap pengembangan. “ Ini paket wisata edukasi komitmen saya, anak-anak ke sini edukasi, pulang bawa ilmu,” katanya.

Jumlah sapi perah sebanyak 35 ekor, kambing ettawa 50 ekor, ayam, budidaya lele, hingga wahana bebek. Paket wisata dibanderol Rp100 ribu per orang mendapatkan empat kegiatan dan welcome drink, sedangkan sampai Desember 2015 hanya sekedar bermain cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu per orang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini