Pulau Derawan, Destinasi Cantik yang Wajib Dikunjungi

Selasa 01 Desember 2015 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 01 406 1258785 pulau-derawan-destinasi-cantik-yang-wajib-dikunjungi-ZwsUjNheQG.jpg Pulau Derawan (Foto: Mister Aladin)

DERAWAN, mendengar nama itu, apa yang ada  di benak Anda? Pantai putih nan eksotis, air laut yang biru, atau terumbu karang yang indah? Yuk, simak lebih jauh tentang pulau ini.

Bagaimana cara ke sana?

Ada banyak jalur menuju Pulau Derawan. Masing-masing jalur terkadang memiliki alternatif lain. Tentu terdapat kekurangan dan kelebihan, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan dan preferensi Anda.
 


1. Jalur Udara
Bagi wisatawan yang berada di luar Kalimantan, tentu harus melaui jalur udara untuk bisa sampai ke Balikpapan, gerbang utama dari perjalanan menuju Pulau Derawan. Setelah tiba di Balikpapan, Anda bisa memilih di antara dua rute berikut.

– Lewat Tarakan. Kelebihannya lebih murah dan banyak pilihan penerbangannya. Namun akan memakan waktu lama pada saat penyeberangan menuju Pulau Derawan dan harus menyewa speedboat. Jalur ini cocok bagi Anda yang pergi bersama rombongan.
– Lewat Berau. Banyak tersedia mobil travel yang siap mengantarkan kamu ke Tanjung Batu dan speedboat penyeberangan umum ke Pulau Derawan. Rute yang satu ini lebih cocok bagi solo traveler.

Maskapai penerbangan yang dapat dijadikan pilihan menuju Balikpapan adalah Garuda Air, Sriwijaya Air, Wings Air, dan Kalstar.

2. Jalur Darat

Jalur darat biasanya digunakan oleh wisatawan yang masih berada di wilayah Kalimantan. Dapat ditempuh menggunakan bus atau mobil travel. Rutenya sebagai berikut: Palangkaraya–Banjarmasin–Balikpapan–Samarinda–Tanjung Redeb–Tanjung Batu–Pulau Derawan


Apakah ada hotel dan resort?

Selama di Pulau Derawan, Anda tidak perlu khawatir dengan tempat menginap. Karena banyaknya pulau di sekitar Pulau Derawan, maka banyak masyarakat yang menyediakan tempat penginapan, hotel atau resort. Beberapa di antaranya, yaitu Maratua Paradise Resort, Sari Cottage Derawan, Penginapan Ilham, Mirroliz Pelangi Cottage, dan homestay yang disediakan masyarakat sekitar.

Obyek dan kegiatan wisata apa yang menarik?


Pulau Derawan menawarkan berbagai obyek wisata menarik yang mungkin tidak bisa Anda jumpai di tempat lain. Keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi. Keberadaan 1.051 spesies ikan yang terdapat di perairan laut dengan jenis dominan Gobes (Gobiidae), Wrasses (Labridae), dan Damselfishes (Pomacentridae) serta berbagai jenis terumbu karang membuat wisatawan yang berkunjung ke sini selalu menyempatkan diri untuk melakukan diving dan snorkeling. Bagi Anda para diver, di pulau ini terdapat beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.

Terkadang beberapa ikan seperti ikan pari biru (manta rays) yang memiliki lebar mencapai 3,5-6 meter, paus, lumba-lumba dan beraneka ragam spesies ikan karang dapat kita temui. Penyu juga mudah dijumpai karena pantai di Derawan menjadi tempat bagi para penyu singgah dan bertelur.


Jika ingin mengelilingi Pulau Derawan, cukup berjalan kaki sambil berinteraksi dengan warga sekitar. Untuk mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Derawan, Anda bisa menyewa speedboat sesuai dengan kapasitas penumpang. Speedboat dengan muatan 3-4 orang harga sewanya sekitar Rp1.500.000-Rp2.000.000, sedangkan speedboat kapasitas 6-12 orang membutuhkan biaya sekitar Rp8.000.000-Rp10.000.000.

Tips berwisata

1. Sebelum berangkat, pastikan Anda sarapan terlebih dahulu karena perjalanan menuju Pulau Derawan cukup lama dan harus berganti moda transportasi.

2. Bagi yang sering mabuk laut, minumlah obat antimabuk karena gelombang laut saat penyeberangan cukup besar.

3. Lakukan negosiasi harga ketika ingin menyewa speedboat. Hal ini bisa menghemat biaya pengeluaran selama berwisata. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan harga sewa lebih murah.

4. Gunakan sunblock.

5. Jika ingin melakukan snorkeling, pilihlah waktu pagi atau sore hari, karena pada waktu ini air laut sedang surut dan sinar matahari tidak terlalu panas.

6. Jika ingin melihat penyu bertelur, keluarlah pada malam hari atau dini hari.

 Ingin tahu info lebih banyak tentang Pulau Derawan atau seputar travel di Indonesia? Yuk, kunjungi Mister Aladin!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini