Maskapai Thailand Dihukum, Bukti Lemahnya Penerbangan Asia

Johan Sompotan, Jurnalis · Minggu 06 Desember 2015 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 06 406 1261824 maskapai-thailand-dihukum-bukti-lemahnya-penerbangan-asia-y8i2tH1qt1.jpg Maskapai Thailand dihukum, bukti lemahnya penerbangan Asia (Foto: Experiencestheskies)

MASKAPAI Thai Airways harus menelan pil pahit. Pasalnya, maskapai milik Thailand ini harus dihukum badan penerbangan dunia FAA dan ICAO.

Andre Rahardian, Pengamat Penerbangan menilai dengan ditutupnya rute penerbangan Thai Airways maka derajat penerbangan di Asia sangat lemah.

"Persoalan keamanan untuk penumpang kurang diperhatikan oleh penerbangan di Asia, penutupan rute Thai Airways oleh badan penerbangan dunia membuktikan maskapai di Asia sangat lemah," jelasnya kepada Okezone, Minggu (6/12/2015).

Menurutnya, faktor keamanan menjadi fungsi utama bagi negara berkembang maupun negara maju apalagi faktor serangan teroris di berbagai negara menjadi fokus utama.

"Selain faktor keamanan, maka persoalan regulator menjadi fokus utama apalagi persoalan safety maskapai yang digunakan. Hal ini pula kurang dipahami maskapai di Asia," paparnya lagi.

Bahkan, Andre Rahardian menilai bila faktor bandara yang dimiliki oleh negara juga menjadi sorotan utama badan dunia.

"Maskapai yang tembus ke Internasional kebanyakan milik negara itu sendiri, artinya kesiapan dari negara yang memiliki maskapai juga harus siap dari segala lini," tukasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini