Malaysia Kenalkan Maskapai Berbasis Syariah

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 22 Desember 2015 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 22 406 1272580 malaysia-kenalkan-maskapai-berbasis-syariah-nfB8sRm8f3.jpg Malaysia kenalkan maskapai berbasis syariah (Foto: Themalaymailonline)

WISATA syariah terus dikuatkan oleh Malaysia, terlebih negeri Jiran ini baru saja mengenalkan maskapai terbarunya berbasis syariah.

Maskapai berbasis syariah ini adalah maskapai Rayani Air, dimana untuk terbang perdananya dengan rute Kuala Lumpur menuju Langkawi.

"Kami adalah maskapai penerbangan Malaysia pertama yang menjadi maskapai pertama berbasis syariah berdasarkan pedoman serta ajaran muslim," ucap Direktur Perusahaan Riyani Air, Jaafar Zamhari dilansir  Foxnews, Selasa (22/12/2015).

Maskapai yang diluncurkannya ini sesuai dengan pedoman Islam, dimana dalam penerbangan makanan berbasis halal. Makanan berbasis hewan harus harus disembelih sesuai dengan prosedur Islam dan tidak mengandung babi.

Selain itu, di maskapai ini tidak terdapat alkohol. Lalu, untuk awak kabin berjenis kelamin perempuan diwajibkan memakai jilbab, sedangkan untuk awak kabin yang non muslim harus berpakaian sopan.

Sebelum lepas landas pun, maka akan ada ulama atau seseorang yang lafal dalam melakukan doa secara muslim.

"Sudah ada operator yang ramah syariah beroperasi di seluruh dunia, yakni Emirates dimana maskapai ini tidak melayani produk babi pada penerbangan mereka dan Etihad memiliki doa perjalanan sebelum lepas landas. Lalu ada pula maskapai Inggris Firnas Airways berencana untuk menawarkan penerbangan yang sama tahun depan," paparnya lagi.

Dengan diperkenalkan maskapai berbasis syariah ini, maka akan semakin memperkuat Malaysia yang memiliki populasi mayoritas Muslim cukup banyak.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini