Indonesia Berpotensi pada Wisata Kapal Pesiar

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2016 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 09 406 1284210 indonesia-berpotensi-pada-wisata-kapal-pesiar-2qixSlnvyy.jpg Indonesia berpotensi pada wisata kapal pesiar (Foto: Okezone)

KEMUDAHAN penumpang kapal pesiar di Indonesia sudah dirasakan. Indonesia dinilai memiliki potensi dalam wisata kapal pesiar.

Managing Director Cruise Asia Indonesia, Yasa Sediya mengatakan peningkatan kedatangan kapal pesiar ke Indonesia cukup besar. Hal ini dikarenakan Nusantara memiliki potensi yang luar biasa, dari keindahan alam hingga keragamannya.

“Peningkatan dari 2010 sangat bagus, menanjak terus. Karena Indonesia punya potensi luar biasa. Kapal pesiar kan wisata laut. Jadi kita harusnya berbangga punya potensi yang tidak dimiliki negara lain,” terang Yasa di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 7 Januari 2016.

Karena potensi yang dimiliki tersebut, Yasa yakin Indonesia diminati kapal-kapal pesiar asing sebagai tempat persinggahan dalam rute perjalanan mereka. Namun Yasa juga mengharapkan pemerintah dapat mengembangkan Pelabuhan Benoa Bali supaya lebih baik.

Pasalnya, Pelabuhan Benoa menjadi kunci bagi kapal-kapal pesiar yang berlayar ke Indonesia, yakni sebagai turn around yang memungkinkan Bali tidak hanya sebagai tempat transit, tetapi sebagai tujuan utama. Karena Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang difavoritkan turis asing.

“Saya yakin, kalau Benoa diubah fungsinya menjadi turn around, kenaikan dari sekarang paling tidak 30 - 40 persen. Kalau itu tidak terjadi, saya belum yakin,” tutup Yasa.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini