Strategi Bisa Liburan meski Minim Uang

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2016 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 16 406 1289701 strategi-bisa-liburan-meski-minim-uang-K7Fj6sRCu0.jpg Ada strategi khusus bisa liburan meski minim uang (Foto: Shutterstock)

SELAMA setahun, Anda pasti menyisihkan waktu untuk berlibur dengan keluarga. Kini, Anda bisa mulai menyisihkan uang agar liburan impian terealisasi.

Berikut cara menyisihkan uang untuk bepergian ke suatu tempat:

Susun anggaran

Awalnya harus menyusun anggaran liburan khusus untuk mendapatkan gagasan realistis biaya yang dikeluarkan. Sertakan pula biaya transportasi, pengeluaran uang dan pengeluaran asuransi perjalanan, serta visa dan vaksinasi.

Mulai menabung

Memulai menabung terkadang terasa berat, tetapi harus dibiasakan bila ingin liburan. Kurangi kebiasaan jajan di kafe untuk minum kopi. Hitunglah pengeluaran kebiasaan ngemil, tentu lebih baik bila ditabung.

Gunakan kartu debit

Pertimbangkan segala hal pilihan pembayaran ketika berkunjung ke luar negeri. Pilihlah kartu debit yang dapat digunakan untuk menarik mata uang luar negeri, tetapi tidak dikenakan biaya tambahan.

Pertimbangkan pinjaman liburan

Jika tidak punya waktu menabung dan membutuhkan uang tunai cepat, maka pertimbangkanlah pinjaman jangka pendek tanpa jaminan. Beberapa kartu kredit biasanya menawarkan berbagai pilihan perencanaan liburan pribadi.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini