Bekas Penjara di Rusia Jadi Destinasi Wisata

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 28 Januari 2016 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 28 406 1298871 bekas-penjara-di-rusia-jadi-destinasi-wisata-vHu21kU9r8.jpg Bekas penjara di Rusia jadi destinasi wisata (Foto: Reuters)

BANGUNAN bekas penjara di Tobolosk, Rusia bernama Prison Castle kini berubah fungsi menjadi tempat wisata. Bangunan ini tak menyeramkan lagi.

Dilansir Stuff, Kamis (28/1/2016), di sini, traveller bisa tinggal satu malam dan menikmati suasana bekas penjara yang terkenal di Siberia ini. Prison Castle yang dibangun pada 1838-1855 dulu dikenal sebagai penjara yang sangat ketat di Tobolsk.

Bangunan ini memiliki beberapa blok sel, rumah sakit untuk para tahanan, bangunan administrasi dan beberapa ruangan lainnya. Ruangan-ruangan ini bisa dilihat oleh wisatawan.

Penjara ini pernah dihuni oleh jurnalis dan aktivis hak asasi manusia, Vladimir Korolenko, Nikolay Chernyshevski, dan Mikhail Mikhaylov.

Penjara ini juga pernah dihuni oleh penulis terkenal Rusia, Fyodor Dostoyevski yang dipenjara selama 10 hari sebelum akhirnya dipindahkan ke Omsk untuk hukuman kerja paksa.

Prison Castle ditutup sejak 1989. Namun, sekarang penjara ini telah dibuka untuk wisatawan sehingga memungkinkan traveller untuk melihat bahkan tinggal semalam di dalamnya.

Selain itu, penjara ini juga digunakan untuk menyimpan arsip kota, museum, sekaligus memiliki perpustakaan. Sehingga tidak lagi menyeramkan seperti saat bangunan ini masih menjadi penjara.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini