Seram, Gereja Ini Dihiasi 40 Ribu Tengkorak Manusia

Nadia Andryani, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2016 02:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 03 406 1304231 seram-gereja-ini-dihiasi-40-ribu-tengkorak-manusia-m2VrDqupJC.jpg Gereja penuh tengkorak (Foto: BBC)

GEREJA yang satu ini sangatlah berbeda dengan gereja-gereja pada umumnya. The Bone Church, itulah nama gereja fenomenal di Republik Ceko.

Dari luar, gereja itu tampak biasa saja, tapi begitu kaki melangkah kedalam dijamin bulu kuduk pengunjung merinding dibuatnya. Ya, sesuai dengan namanya, di dalam gereja terdapat 40 ribu tengkorak manusia sebagai hiasan.

Tak heran gereja dengan balutan tengkorak ini, dijadikan salah satu tempat yang paling menakjubkan dan unik di dunia. Seperti yang dikutip dari BBC , Kamis (4/2/2015)

Tepat di tengah-tengah gereja terdapat lampu gantung yang cantik. Bahannya adalah tulang dan tengkorak manusia, yang disusun secara artistik sekaligus terkesan sedikit mengerikan.

Di kanan dan kirinya, disusun tengkorak manusia dalam bentuk seperti tiang piramida dengan patung malaikat kecil di puncaknya. Tiang itu menjadi pembatas ruang utama sekaligus ikon gereja.

Gereja ini sebenarnya dibangun oleh pemerintah Republic Ceko guna mengingatkan kembali pada tragedi kematian tahun 1278. Pada saat itu seluruh biarawati yang ada di Sedlec pergi ke Yerussalem untuk berdoa. Selesai dari itu mereka pulang dan kembali membawa tanah yang dipercaya sebagai tanah suci. Tanah suci itupun akhirnya disebar di sekitaran gereja sebagaimana sabda yang mereka dapatkan.

Akhirnya mereka memutuskan bahwa digereja ini pula lah mereka dimakamkan. Hal ini diikuti oleh 30 ribu warga eropa tengah lainya.

Di abad ke-15, gereja itu pun digali dan ditemukan lebih dari 40.000 ribu tenggkorak di dalamnya. Sampai akhirnya pada tahun 1870, seorang pemahat kayu diperkerjakan untuk menata ulang sekumpulan tengkorak yang ada di gereja ini.

Tengkorak-tengkorak pun di tata ulang dengan formasi nan cantik dan indah seperti menggantung di pintu masuk, lambing keluarga, dan sebuah piala. Sampai saat inipun gereja menjadi suatu objek wisata yang paling bersejarah di Republik Ceko. Seram bukan?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini