Menikmati Keindahan Curug Lawe Terhambat Telekomunikasi

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 22 Februari 2016 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 22 406 1318127 menikmati-keindahan-curug-lawe-terhambat-telekomunikasi-Psp7j3zxC4.jpg Keindahan Curug Lawe di Ungaran (Foto:Yukpiknik)

PESONA indah air terjun Curug Lawe di lereng Gunung Ungaran, Jawa Tengah, mengundang banyak wisatawan dari berbagai daerah. Namun, lokasi wisata di daerah tersebut belum tersentuh teknologi telekomunikasi, hingga pengunjung terputus hubungan dengan dunia luar.

"Masuk sini langsung blank, tidak ada sinyal sama sekali, padahal masih berada di tengah desa. Apalagi nanti bila menuju lokasi air terjun yang harus berjalan menyusuri hutan," kata seorang warga Semarang, Agus, kepada Okezone, Senin (22/2/2016).

Keluham serupa juga disampaikan warga lainnya saat memasuki Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, sebagai pintu masuk ke lokasi wisata. Mereka langsung mematikan ponselnya karena tak dapat digunakan.

Kepala Desa Kalisidi, Dimas Prayitno Putra, mengakui telekomunikasi menjadi kendala utama bagi warganya serta wisatawan yang singgah. Menurutnya, hanya satu operator seluler yang sinyalnya kadang tertangkap oleh gadget di desanya.

"Itu pun juga tidak semua wilayah desa ter-cover sinyalnya. Makanya kita sering kesulitan komunikasil dengan dunia luar, padahal jarak dari sini ke pusat kota tak terlalu jauh, mungkin hanya sekitar lima kilometer," jelas Dimas.

Keterbatasan sarana telekomunikasi itu kerap berdampak pada pelayanan masyarakat dan wisatawan. Sebab, pihaknya seringkali harus 'turun gunung' agar bisa berkomunikasi dengan baik melalui ponsel.

"Apalagi sini kan belum ada telepon kabel yang fix line, jadi telepon seluler ini memang satu-satunya yang bisa digunakan. Tapi ya itulah masih sangat terbatas, dan biaya mahal karena kita tidak punya pilihan selain operator itu," urainya sambil memainkan gadget di genggaman.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini