Bekasi Garap Wisata Sungai Terintegrasi UMKM

ant, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2016 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 15 406 1336511 bekasi-garap-wisata-sungai-terintegrasi-umkm-lvJwXliOQj.jpg Kalimalang Bekasi (foto: Okezone)

BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, tengah mengupayakan pembuatan wisata sungai yang terintegrasi dengan sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah itu.

"Lokasi wisata sungai itu merupakan usulan para pelaku UMKM dalam rangka merangsang konsumen untuk datang ke sentra penjualan mereka," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi Jumhana Luthfi di Bekasi, Selasa, (15/3/2016).

Menurut dia, tempat strategis untuk proyek tersebut berada di aliran Sungai Kalimalang dekat Mega Bekasi Hypermal Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

Pihaknya mengaku tengah berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti Perum Jasa Tirta dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwiung Cisadane (BBWSCC) untuk memanfaatkan lokasi tersebut.

"Kami upayakan usulan itu bisa terfasilitasi segera pada APBD Perubahan tahun 2016 agar begitu tahun investasi dan perekonomian daerah di 2017 bergulir, konsepnya sudah terwujud di lapangan," katanya.

Menurut dia, terdapat puluhan pelaku UMKM di Kota Bekasi yang bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membuka usaha dan memasarkan produk mereka ke konsumen.

"Secara konsepnya masih kita rancang dengan melibatkan masukan dari para pakar dan pelaku usaha," katanya.

Ketua UKM Makanan dan Minuman Kota Bekasi Afif Ridwan menyambut gembira rencana pembuatan wisata sungai itu.

"Sampai saat ini belum ada produk yang identik dengan Kota Bekasi. Kami yakin saat sentra sudah terbentuk, pamor Bekasi perlahan bisa terangkat karena ada tempat yang bisa dituju oleh warga ataupun wisatawan saat mencari produk khas unggulan kota," katanya.

Dikatakan Afif, wacana tersebut tepat karena tema pembangunan tahun 2017 Pemkot Bekasi adalah tahun investasi dan perekonomian daerah di mana UMKM akan menjadi salah satu fokus program-program pemerintah. (ant)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini