Fakta Tentang Taman Nasional Gunung Leuser

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2016 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 29 406 1348547 fakta-tentang-taman-nasional-gunung-leuser-t01NSeHO4e.jpg Fakta terkuak soal Taman Nasional Gunung Leuser (Foto: Tamannasionalgunungleuser)

TAMAN Nasional Gunung Leuser menjadi perbincangan karena dikunjungi aktor dunia Leonardo DiCaprio. Seperti apa Taman Nasional Gunung Leuser?

Berikut Okezone rangkum beberapa fakta tentang Taman Nasional Gunung Leuser:

Lima besar taman nasional tertua di Indonesia

TNGL merupakan salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia bersama Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Gede Pangrango dan Taman Nasional Way Kambas. TNGL sendiri dibuka pada 6 Maret 1980 setelah mulai diteliti oleh ahli geologi Belanda pada 1920-an.

Mendapat pengakuan UNESCO

Taman Nasional Gunung Leuser pernah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer pada 1981. Selain itu, taman nasional ini juga masuk ke dalam daftar Warisan Dunia untuk Tropical Rainforesy Heritage of Sumatera (TRHS) bersama Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan.

Sementara 1984, TNGL ditetapkan sebagai ASEAN Heritage Park (AHP) oleh Asean Center for Biodiversity (ACB). Lalu pada 2008, TNGL ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Nasional.

Punya empat spesies satwa langka

TNGL memiliki empat spesies satwa langka yang dilindungi. Empat satwa langka itu adalah Orangutan, Badak Sumatera, Harimau Sumatera dan Gajah Sumatera.

Kemarin, Leonardo DiCaprio bahkan sempat memamerkan fotonya bersama dua Gajah Sumatera dalam akun Instagramnya. TNGL juga merupakan habitat dari mamalia, burung, reptil, amfibi, ikan dan invertebrata.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini