Manjakan Hati di Pantai Terindah ala Banyuwangi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 06 April 2016 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 06 406 1355817 manjakan-hati-di-pantai-terindah-ala-banyuwangi-z3cDcGCvvf.jpg Manjakan Hati di pantai terindah ala Banyuwangi (Foto: Dinno Baskoro)

TAK hanya wisata alam unggulan Banyuwangi. Untuk keindahan bahari, kawasan ini punya segudang spot menarik dikunjungi.

Salah satunya adalah pantai Wedi Ireng. Letaknya agak jauh dari pusat kota, yakni di desa Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi dan berhenti di Pantai Mustika,

Untuk menuju kesana, terdapat sejumlah kapal nelayan bermotor. Jika berangkat dari pantai Mustika, Pesanggaran. Waktu yang ditempuh dengan kapal nelayan ini sekira 15 menit.

Selama perjalanan menuju Pantai Wedi Ireng, pandangan mata akan dimanjakan dengan pesona bawah lautnya. Dalam perjalanan waktu lima menit saja, Anda bisa melihat hijau dan beningnya dasar laut di perairan selatan Banyuwangi tersebut.

Terdapat koral, terumbu karang dengan berbagai ukuran, serta bebatuan dasar laut. Airnya jernih sehingga dasar laut terlihat jelas.

Selama perjalanan, Anda akan melewati bebatuan besar menjulang dari dasar laut, yang hanya dihuni pepohonan. Ada juga sejumlah pulau-pulau mini tak berpenghuni seakan menyambut perjalanan menuju Pantai Wedi Ireng.

15 menit waktu tempuh, Pantai Wedi Ireng siap ditelusuri. Konon pantai Wedi Ireng ini punya keunikan tersendiri. Pasir pantainya, warnanya hitam alami karena faktor alam.

Namun sayang, setelah Pantai Wedi Ireng diterjang pasang laut dan ombak besar beberapa waktu lalu. Pasir hitamnya tertutup dengan pasir putih. Agaknya, pasir hitam itu bisa kembali terlihat dalam beberapa pekan lagi.

"Biasanya pasirnya warna hitam. Tapi kena ombak kemarin jadinya tertutup sama pasir putih," kata nelayan setempat yang enggan disebut namanya kepada Okezone di Banyuwangi, Jawa Timur.

Ketika sampai di lokasi, sayang, pasir hitamnya tidak terlihat. Tapi, jika digali dengan tangan, ada jejak pasir hitam yang terlihat.

Siluet pantainya benar-benar menakjubkan. Bentuknya agak melengkung dan menyerupai teluk. Di sekeliling pantai juga tidak terlalu banyak area lepas, karena dikelilingi oleh bukit hijau dan hutan.

"Tidak ada penghuninya, karena itu bukit-bukit semacam taman nasional. Orang-orang yang berjualan saja pulang kalau sudah malam. Mereka jualan lagi setelah ada wisatawan yang datang kesini," tambahnya.

Meski banyak aktivitas air yang bisa dilakukan, namun yang paling favorit bagi wisatawan adalah snorkeling.

"Kalau snorkeling tidak ada nama spot-spotnya. Pokoknya banyak di sekitaran sini buat snorkeling," ungkapnya.

Selain terumbu karang yang menawan. Ketika snorkeling di kawasan Wedi Ireng ini, berbagai fauna laut bisa dijumpai, seperti gurita, ikan laut berbagai warna, lobster, dan baby lobster.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini