Edukasi Gempa di 'Maipark' Kidzania Jakarta

Johan Sompotan, Jurnalis · Selasa 12 April 2016 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 12 406 1360430 edukasi-gempa-di-maipark-kidzania-jakarta-yYtPvxOXQ1.jpg Edukasi gempa bumi di wahana permainan anak (Foto: Kidzania)

BENCANA gempa bumi kerap melanda Indonesia, hal ini membuat wahana permainan ternama di Jakarta membuat edukasi gempa bumi.

Untuk meningkatkan literasi dan awareness masyarakat sejak usia dini terhadap risiko gempa bumi, KidZania Jakarta bekerjasama dengan PT Reasuransi MAIPARK Indonesia meresmikan establishement MAIPARK Earthquake Survival Institute KidZania Jakarta.

"Aktifitas permainan edukasi gempa bumi sangat penting untuk generasi muda, makanya kita mulai tanamkan sejak dini agar ketika besar nanti anak-anak sudah siap menghadapi gempa bumi," beber Chief Marketing Officer KidZania Jakarta, Faizal Reza di Jakarta, baru-baru ini.

Pada kesempatan ini, Okezone mencoba bagaimana edukasi gempa yang dilakukan disini. Sebelum memulai, maka diberikan dahulu kesiapan ataupun pengenalan gempa yang kerap terjadi di Indonesia maupun dunia.

Setelah itu, anak-anak mulai memasuki ruangan yang seakan merasakan getaran gempa bumi yang dahsyat, getaran ini berlangsung selama 30 menit.

Kemudian, mereka mulai naik ke lantai dua dimana ruangan tersebut telah setting seakan-akan seisi rumah mengalami bencana gempa bumi. Kondisi rumah yang berantakan seakan menghidupkan suasana gempa bumi.

Pada ruangan tersebut anak-anak diperlihatkan bagaimana ruangan tersebut tampak porak poranda, seperti halnya bangku yang berjatuhan, atap yang runtuh, air keran cucian piring yang terbuka, kompor gas yang masih menyala, lampu yang menyala, dan lain sebagainya.

“Pembelajaran akibat dampak gempa inilah yang didapat anak-anak yang bermain peran sebagai satuan penyelamat (rescuers bridgade). Di ruangan ini anak-anak belajar bagaimana harus mematikan lampu, kompor, dan air keran yang menyala akibat gempa,” tukasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini