Penumpang Ini Buka Pintu Pesawat Diam-Diam

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 26 April 2016 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 26 406 1373126 penumpang-ini-buka-pintu-pesawat-diam-diam-P2KDfOoMoS.jpg Penumpang ini buka pintu pesawat diam-diam (Foto: Dailymail)

INSIDEN membuka pintu darurat pesawat kembali terjadi di Tiongkok. Penumpang ini mengaku hanya ingin menghirup udara bersih.

Penumpang yang diidentifikasi bernama Hu ini mengatakan baru kali ini bepergian menggunakan pesawat. Ia pun tidak begitu paham akan aturan yang berlaku di udara.

Dilansir Dailymail, Selasa (26/4/2016), Hu berusaha membuka pintu pesawat sesaat sebelum lepas landas dalam penerbangan Hainan Airlines HU7729 dengan rute Hangzhou ke Shenyang pada 18 April lalu.

Hu dilaporkan mengalami mabuk perjalanan dan bingung membedakan antara pintu pesawat dengan jendela.

Saat ia berusaha membuka pintu pesawat, para penumpang lainnya telah memperingatkannya. Namun karena bingung, Hu pun ingin membuka pintu diam-diam sambil menunggu pesawat benar-benar lepas landas.Ia berharap tidak ada penumpang yang sadar jika dirinya melakukannya secara diam-diam.

Seorang pramugari yang turut diwawancarai mengatakan bahwa dirinya telah memperingatkan Hu dua kali untuk tidak menyentuh pegangan pintu. Ketika Hu benar-benar memutar pegangan pintu, banyak penumpang menyadarinya.

Polisi di Bandara Hangzhou pun diberitahu dan segera naik ke dalam pesawat untuk menangkap Hu. Akibat kejadian ini, penerbangan menuju Shenyang ditunda selama 45 menit. Ia juga berpotensi menghadapi sanksi kurungan tujuh hari ditambah denda 500 Yuan atau sekira Rp1 juta.

Sebelumnya, kejadian serupa pernah terjadi di Tiongkok. Seorang penumpang pria berusaha membuka pintu darurat dala penerbangan dari Chengdu ke Urumqi dengan alasan ingin menghirup udara segar.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini