Lagi Kondisi Ini, Jangan Coba Ganggu Satwa

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 10 406 1384171 lagi-kondisi-ini-jangan-coba-ganggu-satwa-S6ATKAUgVY.jpg Satwa di Taman Safari Prigen (Foto: Okezone)

SAMA halnya dengan manusia, para satwa yang berada di Taman Safari Indonesia 2 Prigen juga kerap mengalami hal-hal yang sensitif sewaktu-waktu. Seperti apa?

Umumnya mereka mengalami hal tersebut kala satwa jantan mengalami libido dan satwa betina dalam masa birahi. Jika sudah begitu, mereka akan menjadi marah dan temperamen.

"Kalau misalnya gajah, ada yang namanya masa emas, jadi keluarnya lendir di antara mata dan telinga gajah. Itu tanda libidonya sedang naik. Atau, satwa lainnya marah karena punya anak, terus jadi lebih protektif dengan anaknya," papar Victor Bayu, salah seorang tim edukasi dari Divisi Satwa, kepada Okezone, baru-baru ini.

Ketika sedang dalam masa libido atau birahi, para keeper atau penjaga satwa memilih untuk menjaga jarak.

Umumnya mereka pun tahu kapan waktu satwanya tengah mengalami masa libido dan birahi. Kendati demikian, Victor menambahkan tidak terdapat masalah terkait makanan yang dikonsumsi.

"Kalau makan masih normal-normal saja, pagi dan sore hari. Mungkin ada tambahan juga pemberian cemilan berupa kacang yang sudah dimasak untuk memperlancar air susu induk," tutup Victor.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini