Berani Menantang Nyali di Safari Night di Bali?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 10 Mei 2016 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 10 406 1384425 berani-menantang-nyali-di-safari-night-di-bali-b3tTuj46wU.jpg Safari Night di Bali (Foto: Okezone)

SAFARI Night adalah salah satu atraksi wisata yang diadakan oleh pengelola Bali Safari & Marine Park (BSMP).

Saat itulah, pengunjung akan melihat serta memberi makan berbagai macam satwa, dari zebra hingga harimau saat malam hari dari dekat. Menyenangkan, bukan?

Pada umumnya secara konsep kegiatan di Safari Night tidak jauh berbeda dengan safari pada siang hari, yakni para pengunjung diajak berkeliling melihat aktivitas hewan yang ada satu persatu.

Namun, yang paling seru selain dilakukan di malam hari adalah kendaraan yang disediakan untuk mengangkut pengunjung berupa kendaraan wisata berbentuk kandang untuk pengunjung.

Hmm, benar-benar menguras adrenalin bagi pengunjung yang mungkin baru pertama kali mengikuti Safari Night.

Meskipun malam hari, pengunjung mendapatkan pengalaman dalam melihat dengan jelas sejumlah satwa yang berkeliaran di jalan bahkan ada yang mengikuti kendaraan.

Dan, pengunjung pun tidak perlu khawatir lantaran ada keeper dan guide yang akan menemani perjalanan Safari Night.

Okezone berkesempatan mengikuti Safari Night pada Senin, 9 Mei 2015, malam, bersama para pengunjung. Dan, meski kemarin malam BSMP diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat sejumlah pengunjung untuk melakukan Safari Night.

Selama kurang lebih 30 menit, pengunjung akan melalui rute yang sedikit berbeda dengan rute safari di siang hari.

Kendati demikian, sejumlah satwa yang dihadirkan pun tetap sama seperti yang dilihat pada Safari Journey atau saat perjalanan safari di siang hari.

Kendaraan tersebut membawa pengunjung melalui satwa karnivora atau satwa buas terlebih dulu, yakni singa.

Tanda bahwa akan melintas di area kekuasaan si raja hutan ini adalah lampu sorot dari arah mobil dinyalakan dan mesin diperhalus.

Tak lupa ada peringatan dari pemandu wisata untuk tidak bersuara keras agar tidak mengagetkan satwa buas yang menghuni area karnivora ini. Di sinilah ketegangan pengunjung memuncak. Bahkan, untuk satwa harimau, mereka bisa naik ke atap mobil, lho!

Khusus bagi para satwa karnivora, baik macan atau singa, pihak BSMP tidak mengizinkan pengunjung untuk memberi makanan kepada satwa tersebut. Pemberian makanan hanya dilakukan oleh tenaga professional, seperti keeper.

"Pemberian makanan untuk satwa karnivora tidak diizinkan dilakukan oleh pengunjung. Ini dilakukan oleh para keeper yang memang sudah professional dan sudah terlatih. Pengunjung hanya diperbolehkan memberi makan untuk satwa herbivora," ujar William Santoso, General Manager BSMP, kepada Okezone, Senin, kemarin.

Usai melalui zona satwa karnivora, perjalanan Safari Night dilanjutkan dengan melihat satwa herbivora.

Satwa herbivora yang dapat berinteraksi dan dapat diberikan makanan adalah gajah Sumatera dan zebra.

Sementara, satwa lainnya, seperti watusi (sapi merah) dan unta punuk satu lebih memilih untuk berlindung di exhibit lantaran tengah turun hujan.

"Untuk Safari Night ini ada lima komponen. Pertama, walking safari. Kedua, makan malam barbeque. Ketiga, tarian Africa Fire Dancing. Keempat, bisa berfoto dengan satwa di lobi Mara River Safari Lodge. Terakhir, Safari Night dengan kendaraan berupa mobil jaring-jaring terbuka, yang dibawa menuju ke zona tertentu di mana pengalamannya berbeda dari yg lain, yaitu dengan memberi makan satwa dari dalam mobil," tukas William.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini