Taman Safari Buka-Bukaan soal Pelihara Satwa

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2016 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 12 406 1386588 taman-safari-buka-bukaan-soal-pelihara-satwa-UU6tEZUhHb.jpg Taman Safari buka-bukaan soal rawat satwa (Foto: Okezone)

PEMELIHARAAN satwa perlu dilakukan agar satwa tetap bertahan hidup. Taman Safari pun membongkar cara mereka memelihara satwanya.

Bali Safari & Marine Park (BSMP) merupakan unit bisnis ketiga dari Taman Safari Indonesia. Berlokasi di hutan seluas 43 hektar di Gianyar, BSMP sebagai habitat buatan untuk 80 spesies dengan 1000 ekor satwa yang berasal dari Indonesia, Afrika, dan India.

Dengan kompleksitas satwa tersebut, secara reguler pihak BSMP melakukan pemeliharaan terhadap satwa.

Mulai dari penyediaan makanan satwa yang selalu terpenuhi hingga melakukan cek kesehatan terhadap satwa.

"Pemeliharaan satwa bisa dibilang menjadi salah satu hal yang paling menguras biaya. Mulai dari segi makanan, vitamin, dan obat-obatan. Di BSMP terdapat life science departement yang terdiri atas safari ranger, logistik, yang berfungsi dalam pemeliharaan satwa," papar William Santoso, General Manager BSMP, kepada Okezone, Senin, kemarin.

Selain dari segi pakan, pemeliharaan juga meliputi pengecekan kesehatan rutin bagi para satwa. Pengecekan kesehatan meliputi berat badan hingga cek darah.

"Ada dokter yang ditempatkan di beberapa zona terpisah yang rutin melakukan pengecekan, seperti cek berat badan, pengontrolan pakan nutrisi. Terutama untuk satwa yang tengah hamil atau usai melahirkan terdapat tambahan nutrisi yang berbeda," tutup William.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini