Persiapan Sumatera Barat Menuju Halal Destination

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 16 Mei 2016 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 16 406 1389736 persiapan-sumatera-barat-menuju-halal-destination-sgor76Ik7C.jpg Persiapan Sumatera Barat menuju halal destination (Foto: Okezone)

BEBERAPA destinasi di Indonesia ditunjuk sebagai halal destination, salah satunya Sumatera Barat. Inilah persiapan Kota Rumah Gadang tersebut.

Ketua Pokja 10 Destinasi Prioritas, Hiramsyah Sambudhy Taib pun langsung turun ke Mandeh, didampingi Bupati Pesiair Selatan Hendra Joni meninjau Carocok, Painan dan Sungai Nyalo.

Persis sehari setelah Rakor yang menghasilkan aklamasi dengan semua "CEO" se-Sumbar tersebut. "Kami juga langsung bergerak," ungkap Hiramsyah, Senin (16/5/2016).

Pesisir Selatan terletak di pinggir laut, dengan garis pantai sepanjang 218 kilometer. Topografinya lengkap, punya dataran, gunung dan perbukitan yang subur dengan pohon yang hijau.

Wilayah ini merupakan perpanjangan gugusan Bukit Barisan yang membentang di Pulau Sumatera. Kawasannya subur, 45,29 persen wilayah terdiri dari hutan, termasuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Cagar Alam Koto XI Tarusan, dan rawa gambut yang bisa menjadi atraksi yang khas. "Teluknya tenang, terlindung oleh beberapa pulau yang membuat Mandeh terkesan teduh," ungkapnya.

Jika positioningnya "halal destination" maka originasi yang disasar adalah Malaysia, Singapore, dan Timur Tengah (Middle East).

"Pasar Timur Tengah itu lebih dari 140 juta outbond ke luar negeri setahun. China juga punya lebih dari 50 juta orang yang beragama Islam, dan total outbond orang Tiongkok 110 juta setahun," tukasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini