September, Rinjani Ditetapkan Geopark Dunia oleh UNESCO

Johan Sompotan, Jurnalis · Rabu 25 Mei 2016 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 406 1397341 september-rinjani-ditetapkan-geopark-dunia-oleh-unesco-Bu3JIXPIEp.jpg September, Rinjani Ditetapkan geopark Dunia oleh UNESCO (Foto: Reni Sundayani)

PARIWISATA Indonesia kembali berbangga hati, Rinjani bakal menjadi Geopark Dunia. Pasalnya, Rinjani akan ditetapkan di September 2016.

Menurut Sofyan Suwardi, Anggota Tim Taskforce Revitalisasi Museum Kegeologian & Optimalisasi Pengembangan geoparj, KESDM ini mengatakan bila dua minggu lalu pihak UNESCO telah datang dan menilai soal kesiapan dari Rinjani.

"Penggarapannya sudah dari 2007, namun untuk pengajuannya di Desember 2015 karena setiap tanggal 1 Desember baru boleh diajukan ke UNESCO. Sehingga September akan diketahui Rinjani layak atau tidak untuk UNESCO," jelasnya kepada Okezone di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Sebelum dimasukkan ke dalam UNESCO, tentu pihaknya terus berkoordinasi melakukan kesiapan demi menjadikan Rinjani sebagai Geopark Dunia.

"Para ahli terus didatangkan untuk mengecek kondisi geologi, aksesibilitas serta kesiapan dari kawasan Rinjani tersebut," paparnya.

Sofyan Suwardi menuturkan sebelum mencapai puncaknya untuk diajukan menjadi Geopark dunia, maka Rinjani terus dievaluasi per dua tahun.

"Ketika sudah menjadi Geopark Dunia ada kemungkinan diganti karena setiap 4 tahun akan dilakukan pengecekan atau evaluasi oleh UNESCO dan ini yang kami hindari," tukasnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini