Temuan Perhiasan Hebohkan Museum di Jerman

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2016 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 31 406 1402501 temuan-perhiasan-hebohkan-museum-di-jerman-71zBpNOpsa.jpg Perhiasan emas yang ditemukan di museum di Jerman (Foto: Lonelyplanet)

MUSEUM di Auschwitz, Jerman dihebohkan dengan penemuan perhiasan oleh salah seorang stafnya. Perhiasan tersebut berupa kalung dan cincin

Perhaisan ini ditemukan di dasar cangkir yang tertutup oleh kertas kanvas. Cangkir tersebut merupakan sebuah barang peninggalan, yang diambil dari orang-orang yang dideportasi ke Auschwitz-Birkenau.

Menurut salah seorang kurator, penemuan perhiasan tersebut berawal dari semakin memburuknya keadaan cangkir tempat perhiasan itu disembunyikan.

Kemudian dilakukanlah scanning pada badan cangkir, dan ternyata terdapat dua perhiasan yang terpendam. Diyakini, kedua perhiasan tersebut berasal dari Polandia yang dibuat pada tahun 1920-1930.

Pada saat itu orang-orang Yahudi banyak yang dideportasi ke kamp-kamp militer Jerman. Mereka dipaksa untuk mengemas semua harta benda yang tersisa.

Barang-barang itu kemudian disita oleh para tentara Nazi, pada saat kedatangan mereka di stasiun kereta api di Auschwitz.

“Kita bisa melihat rasa takut mereka ketika perhiasan-perhiasan tersebut disembunyikan. Di satu sisi, kita juga bisa melihat harapan yang mereka miliki,” ujar Juru bicara Museum Auschwitz-Birkenau seperti dilansir Lonelyplanet.

Kini kedua perhiasan tersebut dilestarikan dan dipamerkan di Museum Auschwitz-Birkenau.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini