Kota Pesisir Terbaik di Indonesia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2016 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 15 406 1415516 kota-pesisir-terbaik-di-indonesia-UbIJz5GgD8.jpg Kota pesisir terbaik di Indonesia (Foto: Okezone)

INDONESIA memiliki beberapa kota mengusung konsep Waterfront City. Kota-kota ini tak kalah dengan Waterfront City di luar negeri.

Kota-kota tepi laut juga kerap menjadi tujuan wisata bagi turis-turis dari Nusantara. Pasalnya, biasanya kota dengan konsep ini juga menawarkan pemandangan pantai yang indah, atau tempat nongkrong yang santai di pinggir laut.

Berikut beberapa kota pesisir terbaik di Indonesia dilansir Koransindo, Rabu (15/6/2016):

Makassar, Sulawesi Selatan

Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan yang dahulu bernama Kota Ujung Pandang ini memang dikenal mempunyai perencanaan matang dalam pembangunan kotanya.

Lihat saja wilayah di sekitaran Pantai Losari tampak apik dan tertata rapih, terlebih beberapa daerah tepian pantainya banyak dijumpai perahu Pinishi sebagai perahu kebanggaan orang Sulawesi.

Manado, Sualwesi Utara

Kota Manado yang berdekatan dengan Pantai Bunaken adalah salah satu taman laut konservasi terbesar di dunia menjadikan Waterfront City sebagai konsep kotanya.

Beberapa pantai di sepanjang laut Sulawesi seperti Pantai Malalayang sengaja dibangun mengikuti perencanaan kota yang matang. Kawasan Boulevard adalah kawasan perdagangan dan bisnis tersibuk di Manado yang berada di sepanjang garis pantai Manado.

Balikpapan, Kalimantan Timur

Balikpapan memiliki segala potensi aset kekayaan besar mulai dari pertambangan, hutan, dan lautnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur membangun Kota Balikpapan dengan tanpa merusak ekosistem sekitar.

Jika melihat konsep Waterfront City, kota ini merupakan proyek percontohan terencana di Indonesia. Dengan sistem pengairan yang baik, kota ini mampu meminimalisir banjir pada daerah di sekitarnya.

Palembang, Sumatera Selatan

Kota yang dikenal dengan Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini, dijuluki sebagai Venesia-nya Indonesia. Kota ini memang sangat bergantung kepada Sungai Musi sebagai sumber penghidupan dan urat nadi kota.

Di beberapa bagian sekitar sungai dijumpai pusat perdagangan, hotel, mal hingga pasar terapung (floating market) di sepanjang aliran Sungai Musi.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini