Arkeolog Amatir Temukan Harta Karun Kaum Viking

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2016 01:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 18 406 1419031 arkeolog-amatir-temukan-harta-karun-kaum-viking-WHHuKI5izZ.jpg Penemuan harta (Foto: Loneyplanet)

TIGA orang arkeolog amatir berhasil menemukan 7 peninggalan emas kaum Viking di kota Jutland, Denmark.

‘ Team Rainbow Power’ (sebutan kelompok arkeolog ini) menemukan 6 gelang berbahan dasar emas, dan 1 gelang berbahan dasar perak, saat menggali sebuah lahan di daerah Vejen, Jutland. Harta karun ini memiliki total berat sebesar 900 gram, dan diyakini telah berumur sekitar 900 tahun.

Menurut media lokal, ketika tim baru memulai pencarian, dalam beberapa menit saja, salah satu anggota mereka bernama Marie Aagaard Larsen, tak sengaja telah memukul sebuah benda yang ternyata adalah kumpulan emas. Larsen mengatakan, ia baru saja mulai bekerja sekitar sepuluh menit, sebelum akhirnya ia menemukan harta terpendam tersebut.

Setelah menemukan gelang pertama, tidak disangka 6 gelang lainnya pun dapat ditemukan. Barulah ketika tiga gelang berhasil ditemukan, mereka langsung menghubungi tim profesional yakni, Lars Grundvad dari Sønderskov Museum.

Grundvad mengakui bahwa ia terpesona oleh apa yang telah mereka temukan. Dia mengatakan bahwa mereka telah sering mendiskusikan sebuah rencana pemeriksaan daerah Vejen dengan menggunakan detektor logam. Rencana ini untuk menindaklanjuti penemuan rantai emas seberat 67 gram yang ditemukan 105 tahun lalu.

“Ini di luar akal sehat bahwa 3 orang arkeolog amatir dapat menemukan 7 gelang dari zaman Viking,” tegasnya.

Lebih lanjut, Grundvad menjelaskan bahwa dua dari gelang yang ditemukan dibuat dengan desain gaya Jelling yang erat kaitannya dengan anggota elit masyarakat Viking. Ia percaya bahwa dua gelang tersebut digunakan oleh para pemimpin Viking.

Sønderskov Museum berharap dapat memamerkan penemuan ini sebelum akhirnya dibawa ke Museum Nasional di Kopenhagen untuk dipelajari lebih lanjut. Dilansir dari Lonelyplanet, Minggu (19/6/2016).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini