Liburan Lebaran ke Lembang? Gunakan Jalur Alternatif Ini

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Senin 04 Juli 2016 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 04 406 1432298 liburan-lebaran-ke-lembang-gunakan-jalur-alternatif-ini-nIlDTjyacK.jpg Wisata Lembang Bandung (foto: istimewa)

NGAMPRAH - Jajaran Polres Cimahi menyiagakan 250-300 petugas untuk mengamankan kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, saat libur Lebaran. Para wisatawan yang akan melewati Lembang, baik dari arah Bandung maupun Subang, diimbau untuk melewati jalur alternatif apabila di jalur utama terjadi penumpukan kendaraan.

"Setelah salat Id, tentunya jalur liburan yang menjadi tujuan masyarakat, baik itu di dalam maupun di luar kota. Untuk itu, kami dari Polres Cimahi mempersiapkan lebih kurang 250-300 personel yang mem-back up daerah Lembang untuk mengamankan masyarakat yang berlibur," kata Kepala Satlantas Polres Cimahi Silfia Sukma Rosa di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (3/7/2016).

Dari jumlah tersebut, lanjut dia, sebanyak 150 petugas Satlantas, termasuk dari polsek-polsek di wilayah resor Cimahi, turut disiagakan untuk mengamankan lalu-lintas di Lembang. Silfia mengimbau, masyarakat yang hendak berpergian ke Lembang supaya memilih jalur alternatif jika terjadi penumpukan kendaraan di jalur utama.

"Tentunya Lembang jadi tujuan utama sebagian besar masyarakat. Apabila terjadi kepadatan dari Bandung menuju Lembang, masyarakat dapat mengambil jalur alternatif, yaitu melalui Jalan Sersan Bajuri. Nanti, akan tembus di Patrol dan keluar di Beatrix. Itu merupakan jalur alternatif yang dapat dilewati, karena di jalur utama bisa terdapat sejumlah kendala," katanya.

Demikian pula dengan masyarakat yang akan berlibur ke Bandung dari arah Subang agar menggunakan jalur alternatif yang ada di daerah Lembang. "Masyarakat yang akan berlibur dari arah Subang menuju Bandung bisa mengambil jalur alternatif menuju Panorama, belok kiri ke Maribaya. Nanti, akan tembus di daerah Ciumbuleuit atau Dago," ucapnya.

Kepala Polres Cimahi Ade Ary Syam Indradi mengatakan, Lembang bukanlah jalur mudik atau arus balik Lebaran. Oleh karena itu, sebelum Lebaran pihaknya lebih menitikberatkan perhatian pada jalur-jalur yang dilintasi pemudik. "Sepanjang jalur Padalarang, mulai dari perbatasan Cianjur hingga Cimahi akan lebih kami fokuskan, karena jadi jalur pemudik jelang Lebaran," kata Ade.

Meskipun begitu, lanjut dia, setelah Lebaran fokus pengamanan akan digeser ke daerah Lembang, di mana selalu terjadi penumpukan wisatawan. "Pengalaman tahun lalu, kepadatan biasanya terjadi setelah warga melaksanakan salat Idulfitri. Ribuan kendaraan dari arah bawah atau Kota Bandung akan memadati ruas utama jalan menuju Lembang," terangnya.

Karena diprediksi bakal dipenuhi oleh ribuan kendaraan, Polres Cimahi pun akan mendapat bantuan personel dari Polda Jawa Barat, khusus untuk pengamanan jalur di Lembang ini. Langkah pencegahan agar tidak sampai terjadi penumpukan kendaraan, pihak kepolisian bakal memberlakukan sistem satu arah.

"Kendaraan kecil dari arah bawah akan dialihkan menuju Cisarua supaya kendaraan ke arah Lembang tidak mengalami penumpukan. Itu akan kami koordinasikan dengan Polwiltabes Bandung. Begitu pun dengan kendaraan dari arah Subang yang akan ke Bandung, akan dialihkan ke Seskoau atau Sespim Polri untuk selanjutnya diarahkan ke Ciumbuleuit atau Dago Pojok. Kami optimalkan seluruh jalur alternatif agar kepadatan tidak hanya terjadi di jalur utama Lembang saja," tuturnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini