Menpar Arief Yahya Bicara Rute Macau-Manado

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 04 Juli 2016 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 04 406 1432514 menpar-arief-yahya-bicara-rute-macau-manado-WNvwfgXaYS.jpg Menteri Pariwisata Arief Yahya (Foto: Okezone)

MASKAPAI Indonesia kembali mencatatkan namanya di rute internasional melalui Lion Air yang membuka rute Macau ke Manado (PP). Menteri Pariwisata Arief Yahya angkat bicara.

Atas pembukaan rute tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya melihat bila ini merupakan bentuk komitmen Manado dalam menghidupkan pariwisata.

"Kalau mereka serius, komitmen, dengan cepat pariwisata akan bertumbuh," ungkapnya kepada Okezone di Jakarta, Senin (4/7/2016).

Menurut Arief Yahya, keseriusan CEO itu akan kelihatan dari bagaimana mereka memprioritaskan sumber daya dan anggaran mereka di pariwisata.

"Berapa persen budget untuk pariwisata? Lalu apakah orang yang dipercaya sebagai Kadisparnya sudah orang yang terbaik yang dipunya Pemda? Dari situ saja sudah bisa dilihat, komitmen pimpinan daerahnya," tambahnya.

Kalau soal potensi alam dan budaya di Manado? Menpar Arief Yahya sudah sangat yakin, Manado punya daya pikat dan atraksi kelas dunia. Tinggal keseriusan Manado untuk menjadi destinasi kelas dunia itu.

"Prinsipnya 3A, akses, atraksi dan amenitas. Akses, Lion patut diapresiasi dengan semangatnya untuk mengangkut lebih banyak wisman ke Manado," bebernya.

Diakuinya, atraksi, alam sudah mendukung. Tinggal ekosistem bisnisnya yang harus mengikuti irama pariwisata.

"Infrastruktur di destinasinya juga harus keren, kota harus bersih, ada tempat jalan, toilet yang standar bersih, dan sebagainya. Amenitas adalah hotel, resort, resto, convention, dan sebangsanya, juga harus kelas dunia," ujar Arief Yahya yang yakin jika CEO-nya committed, semuanya akan cepat," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini