Situ Ciburuy, Alternatif Wisata Murah di Bumi Pasundan

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Rabu 06 Juli 2016 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 06 406 1433286 situ-ciburuy-alternatif-wisata-murah-di-bumi-pasundan-x93HYSCZrt.JPG Pikiran Rakyat

SITU Ciburuy laukna hese dipancing. Nyeredet hate ningali ngeplak caina.

Penggalan lagu berbahasa Sunda karangan Benny Korda berjudul “Bubuy Bulan” itu menggambarkan bagaimana keindahan Situ Ciburuy.

Kecintaan yang sama digambarkan oleh hilir mudiknya burung kapinis yang tak henti menciumi permukaan danau dengan pelatuknya, sayapnya yang hitam menjadi warna dominan penghias permukaan danau.

Deretan warung yang menyuguhkan makanan khas Sunda, camilan, kepala muda, dan semerbak aroma ikan bakar di sekitar situ akan memanjakan lidah pecinta kuliner.

Panorama danau yang indah, deretan perbukitan, bapak tua di atas rakit yang sibuk melebar jala, serta semilir angin yang menerpa wajah adalah suasana yang disuguhkan Situ Ciburuy. Siapapun akan dibuat betah dengan semua itu.

Bagi Anda yang bingung mencari tempat liburan, Situ Ciburuy bisa menjadi alternatif pilihan berlibur murah.

Rina (32), salah satu pengunjung asal Cihanjuang, Kota Cimahi, Jawa Barat yang mengajak keluarganya menikmati keindahan Situ Ciburuy. “Saya memilih berlibur ke sini karena relatif murah dan dekat dari rumah” katanya, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Rabu (6/7/2016).

Terletak di Kampung Ciburuy, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Situ ini mudah diakses. Jika memakai kendaraan bermotor, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dari pusat Kota Bandung.

Situ juga bisa diakses menggunakan kendaraan umum. Terdapat Bus Damri jurusan Alun-Alun Bandung-Ciburuy yang akan mengantarkan tepat hingga ke gerbang masuk Situ Ciburuy. Di Situ Ciburuy, pengunjung tidak hanya disuguhkan panorama alam dan wahana-wahana permainan air seperti sepeda air.

Bagi yang senang olah raga air terutama olah raga dayung, Anda juga bisa melakukannya di sini. Wati (16), salah satunya. Perempuan asal Desa Padalarang ini rutin melakukan olah raga dayung di Situ Ciburuy.

“Setiap pulang sekolah saya sering berlatih disini, selain dekat, berlatih di sini juga didampingi langsung oleh pelatih ahli dari KONI Kabupaten Bandung Barat,” tuturnya. (fds)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini