Berwisata Ziarah di Situ Lengkong Panjalu yang Murah Meriah

Agregasi Pikiran Rakyat, Jurnalis · Senin 11 Juli 2016 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 11 406 1435263 berwisata-ziarah-di-situ-lengkong-panjalu-yang-murah-meriah-llejzVAfVs.jpg Pikiran Rakyat

Libur lebaran 2016, objek wisata Situ Lengkong di Desa Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, tak luput dari sebuan para wisatawan.

Koordinator Wisata Situ Lengkong, Asep Yusuf mengatakan, jumlah pengunjung, baik wisatawan atau peziarah terus mengalami kenaikan selama libur lebaran kali ini.

“Terhitung sejak hari pertama setelah lebaran itu ada sekira 2.000-an, di hari kedua ada 6.000 lebih pengunjung dan hari ketiga terus mengalami peningkatan,” katanya, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat, Senin (11/7/2016).

Asep menambahkan, wisatawan yang datang didominasi para pemudik yang keluarganya tinggal di sekitar wilayah Situ Lengkong.

“Kemungkinan puncak pengunjung itu pada hari ketujuh karena ditambah pula sejumlah peziarah yang kebanyakan dari Jawa Timur sedangakan untuk peziarah dari Jabotabek, Cianjur, Sukabumi biasanya sudah berdatangan sejak hari ketiga pascalebaran. Namun, ada beberapa peziarah dari Jawa Timur yang sudah datang lebih dulu,” ujarnya.

Sebelum musim liburan tiba, sejumlah persiapan dilakukan pihak pengelola objek wisata Situ Lengkong. Mulai dari pembersihan wilayah situ, penambahan jumlah pengelola, hingga penambahan petugas parkir.

“Menjelang libur lebaran petugas parkir bertambah hingga 30 orang, sedangkan untuk pengelola wisata ditambah sebanyak lima orang dari hari-hari biasa dan sebelum bulan ramadan, saya bersama para pengelola, pedagang, di wilayah situ biasa melakukan gerakan bersih Situ Lengkong,” kata Asep.

Di lokasi ini, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan, seperti perahu yang bisa digunakan para wisatawan untuk menjelajah wilayah situ atau untuk penyeberangan ke pulau kecil di tengah situ. Penumpang cukup perlu merogoh kocek Rp 6.000 per orang untuk naik perahu. Di pulau tersebut terdapat makam raja Islam pertama di Panjalu, yaitu Prabu Borosngora.

Ketua Himpunan Perahu Objek Wisata Situ Lengkong, Dadi Rosyadi menambahkan, tidak ada penambahan jumlah armada perahu pada libur lebaran kali ini karena jumlah pengunjung pada musim libur lebaran tidak terlalu jauh berbeda dengan hari-hari biasa.

Menurutnya, tarif yang terbilang murah menjadi alasan Situ Lengkong diserbu banyak pengunjung. “elain susananya yang masih sejuk, tarif masuk Situ Lengkong terbilang murah hanya Rp2.500. Saya hampir setiap lebaran ke Situ Lengkong,” kata salah seorang pengunjung asal Ciamis, Hidayat. (fds)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini